Kompas TV video sinau

Waspada Kebiasaan Sepele Merusak Ginjal di Usia Muda | SINAU

Kompas.tv - 27 September 2023, 17:34 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV – Kerusakan ginjal kerap tidak disadari oleh penderitanya, kebanyakan gejala yang dirasakan sudah dalam stadium lanjut.

Nah melansir dari National Kidney Foundation  , ada kebiasaan sepele yang bisa memicu kerusakan ginjal di usia muda, seperti berikut ini:

  • Sering rebahan atau jarang bergerak, berdasarkan penelitian dari University of Leicerster mengungkapkan makin lama waktu duduk makin besar risiko kerusakan ginjal yang dialami oleh seseorang.
  • Menahan buang air kecil, perlu diketahui batu ginjal akan terbentuk jika seseorang sering menahan kencing atau pada mereka yang memiliki kandungan mineral tinggi dalam urine.
  • Makan makanan olahan seperti sosis dan nugget yang dikonsumsi secara berlebihan akan memicu kerusakan ginjal pada seseorang. Karena makanan tersebut tinggi fosfor dan natrium yang berbahaya bagi jantung juga ginjal.
  • Begadang atau sering kurang tidur berisiko pada kerusakan ginjal, ini karena beban ginjal yang terlalu berat. Sebab, kerja ginjal salah satunya diatur oleh siklus bangun dan tidur
  • Kurang minum air putih,Maka tetap terhidrasi untuk membantu kerja ginjal membersihkan kadar garam berlebih di dalam tubuh.

Baca Juga: Vidi Aldiano Idap Kanker Stadium 3, Kenali Gejala dan Penyebab Kanker Ginjal

Editor Video: Joshua Victor 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x