Kompas TV lifestyle kesehatan

8 Makanan Bebas Gluten yang Mudah Ditemukan

Kompas.tv - 1 Mei 2024, 15:05 WIB
8-makanan-bebas-gluten-yang-mudah-ditemukan
Ilustrasi jagung makanan bebas gluten. (Sumber: Jcomp on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Diet bebas gluten atau gluten-free adalah pola makan yang tidak menyertakan makanan yang mengandung gluten. Diet jenis ini tidak hanya untuk orang yang memiliki alergi terhadap gluten, namun juga menjadi pilihan bagi orang yang ingin menjaga pola makan yang lebih sehat.

Melansir Mayo Clinic, tujuan diet bebas gluten adalah untuk mencegah tanda dan gejala penyakit celiac dan kondisi medis lain yang berhubungan dengan gluten.

Gluten adalah protein yang terkandung dalam gandum, terigu, dan jelai atau barley. Secara umum, gluten adalah protein yang berfungsi sebagai perekat untuk menjaga keutuhan bentuk makanan.

Baca Juga: Dapat Pelatihan Manajemen Keuangan dari BRI, Omzet UMKM Egg Roll Narasa Gluten Free Tembus Rp50 Juta

Gluten dapat menyebabkan masalah pencernaan bagi sebagian orang, terutama orang memiliki penyakit celiac atau alergi gluten. Namun tenang, ada banyak makanan bebas gluten yang mudah ditemukan.

Berikut daftar makanan bebas gluten yang cocok untuk diet gluten.

1. Beras 

Beras adalah sumber karbohidrat yang bebas gluten, sehingga aman dikonsumsi penderita alergi gluten maupun orang yang tengah menjalani diet bebas gluten. Hampir semua jenis beras, seperti beras merah, beras putih, beras coklat, dan beras liar, terbebas dari kandungan gluten.

Bahkan, beras ketan yang memiliki tekstur lengket juga aman dikonsumsi karena sifat lengketnya tidak berasal dari gluten.

2. Jagung

Jagung merupakan salah satu makanan bebas gluten yang mudah ditemukan dan relatif murah. Jagung juga kaya akan vitamin B, vitamin C, serat, dan mineral penting seperti magnesium dan kalium.

3. Quinoa

Quinoa adalah biji-bijian kecil yang kaya akan protein dan serat. Serat dalam bahan makanan ini mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x