Kompas TV lifestyle kesehatan

Vidi Aldiano Idap Kanker Stadium 3, Kenali Gejala dan Penyebab Kanker Ginjal

Kompas.tv - 20 September 2023, 10:29 WIB
vidi-aldiano-idap-kanker-stadium-3-kenali-gejala-dan-penyebab-kanker-ginjal
Ilustrasi ginjal. Vidi Aldiano idap kanker ginjal, kenali penyebab dan gejala kanker ginjal. (Sumber: Shutterstock/Peakstock)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyanyi Vidi Aldiano mengungkapkan bahwa dia mengalami kanker ginjal yang telah diderita selama tiga tahun atau sejak 2019.

Melalui akun Instagram resminya, Vidi Aldiano mengungkapkan bahwa kanker ginjal stadium tiga itu sudah menyebar ke beberapa titik di tubuhnya.

Mungkin banyak yang baru tahu bahwa tahun lalu, titipan Tuhan berupa kanker ini sudah menyebar ke beberapa titik,” ungkap Vidi di Instagram, Senin (18/9/2023).

Vidi sempat menjalani operasi pada 2020 dan salah satu ginjalnya terpaksa diangkat. Sayangnya, untuk membasmi sel-sel kanker di tubuhnya, butuh waktu yang tidak sebentar.

Baca Juga: Kondisi Vidi Aldiano 3 Tahun Terkena Kanker Ginjal: Sudah Menyebar dan Harus Perawatan

Apa Itu Kanker Ginjal?

Melansir Cleveland Clinic, kanker ginjal adalah pertumbuhan sel abnormal yang tumbuh di jaringan ginjal. Seiring waktu, sel-sel ini membentuk massa yang disebut sebagai tumor.

Kanker dimulai ketika ada sesuatu yang memicu perubahan pada sel, lalu sel tersebut membelah secara tidak terkendali. Tumor kanker atau ganas dapat menyebar ke jaringan dan organ vital lain (metastasis).

Mayo Clinic menjelaskan bahwa jenis kanker ginjal yang paling umum terjadi pada orang dewasa adalah karsinoma sel ginjal. Kanker ini muncul dari sel-sel yang melapisi tubulus ginjal.

Adapun, pada anak kecil, jenis kanker ginjal yang paling umum disebut tumor Wilms.

Baca Juga: 7 Bagian Kulit ini Sering Terlewatkan Saat Menggunakan Sunscreen, Hati-hati Berisiko Kanker!

Gejala Kanker Ginjal

Kanker ginjal mungkin tidak menimbulkan gejala nyata pada tahap awal. Hal inilah yang seringkali menyebabkan kanker tidak terdeteksi sampai sel kanker menyebar.


 

Namun, seiring waktu berjalan dan kanker berkembang, ada beberapa gejala yang mungkin muncul, antara lain:

  • Kencing berdarah (hematuria)
  • Benjolan atau massa di area ginjal
  • Sakit pinggang
  • Kelelahan
  • Rasa tak enak badan
  • Kehilangan selera makan
  • Penurunan berat badan
  • Demam ringan
  • Sakit tulang
  • Tekanan darah tinggi
  • Anemia
  • Kalsium tinggi.

Baca Juga: Deteksi Kanker Serviks Bisa Lewat Urine, Begini Caranya

Penyebab Kanker Ginjal

Penyebab pasti kanker ginjal belum diketahui. Dokter mengetahui bahwa kanker ginjal dimulai ketika sel ginjal mengalami perubahan pada DNA. DNA ini menginstruksikan sel untuk tumbuh dan membelah dengan cepat.

Akibatnya, sel-sel abnormal muncul dan terakumulasi membentuk kanker yang meluas melampaui ginjal. Beberapa sel dapat pecah dan menyebar ke bagian tubuh lain.

Namun, ada sejumlah faktor risiko tertentu yang dapat meningkatkan peluang seseorang terkena kanker ginjal, seperti merokok, obesitas, tekanan darah tinggi, riwayat keluarga, terapi radiasi, hingga perawatan dialisis (cuci darah) jangka panjang.



Sumber : Cleveland Clinic, Mayo Clinic


BERITA LAINNYA



Close Ads x