Kompas TV video vod

Temui Menteri Mesir, Mendag Zulhas Tandatangani MoU Pembentukan JTC Indonesia Mesir

Kompas.tv - 18 Mei 2023, 14:53 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Menteri Perdagangan Indonesia, Zulkifli Hasan dan Menteri Perdagangan dan Industri Mesir, Ahmed Samir Saleh   menandatangani nota kesepahaman atau MoU terkait pembentukan Komite Perdagangan Bersama atau Joint Trade Committee.

JTC  Indonesia–Mesir merupakan forum bilateral antara Indonesia dan Mesir yang bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan kerja sama perdagangan kedua negara.

JTC dibentuk berdasarkan pernyataan bersama Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Mesir Abdel Fatah Al-Sisi saat kunjungan Presiden Mesir ke Jakarta pada tahun 2015 lalu.

Forum JTC akan dipimpin oleh pejabat setingkat Direktur Jenderal, yakni  Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional bagi Indonesia dan First  Secretary of Egyptian Commercial Services bagi Mesir.

Total perdagangan Indonesia dan Mesir periode Januari–Maret 2023 tercatat senilai USD 432,90 juta, terdiri atas ekspor sebesar USD  379,40 juta dan impor sebesar USD 53,50  juta.

Indonesia bahkan surplus sebesar USD 325,80  juta.

Dalam 5 tahun  terakhir, Indonesia konsisten mencatatkan surplus perdagangan terhadap mesir dengan tren 9,82%.

Penandatanganan MoU JTC tersebut dilangsungkan usai pertemuan bilateral antara kedua Menteri pada Senin lalu di Kairo, Mesir.

Penandatanganan MoU termasuk dalam rangkaian Misi Dagang Mendag Zulkifli Hasan ke Mesir.

Sejumlah nota kesepahaman pun berhasil ditandatangani dengan potensi transaksi sebesar Rp 12,88 triliun.

Capaian ini berasal dari penandatanganan MoU antara pebisnis kedua negara, MoU imbal dagang, serta penjajakan kesepakatan dagang.

Kegiatan Misi Dagang Mesir tersebut diikuti 12 pelaku usaha Indonesia, termasuk perwakilan dari Kadin dan Indonesia Egypt Business Council yang menghadirkan 120 pelaku usaha Mesir.

Baca Juga: Sowan ke 4 Mantan Wapres, Kode Muhaimin Iskandar Incar Bacawapres di Pilpres 2024?


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x