Kompas TV video vod

Widosari di Kulon Progo Masuk 50 Besar Ajang ADWI 2022

Kompas.tv - 3 Juli 2022, 09:45 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi langsung Desa Wisata Widosari di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Desa wisata ini masuk dalam daftar 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Baca Juga: Menparekraf Berikan Penghargaan ADWI pada Desa Muaro Jambi

Dalam kesempatan ini, Sandiaga juga mengunjungi stand UMKM selain menyimpan potensi wisata, Desa Widosari juga menghasilkan sejumlah hasil produksi lokal yang memiliki nilai jual untuk meningkatkan ekonomi warganya.

Untuk cinderamata dan kuliner lokal desa wisata ini memiliki teh sangrai, jahe, gaplek, aneka batik hingga kerajinan yang terbuat dari jagung.

Desa wisata ini juga memiliki potensi seni budaya di antaranya wayang kulit, kuda lumping, tari bangilun, budaya kenduri merti desa hingga nyadran, Sandiaga berkesempatan bermain wayang kulit bersama dalang cilik asal Kulonprogo.

Sandiaga Uno mengapresiasi Desa Widosari menurutnya jarang ada kabupaten atau kota di Indonesia yang bisa berturut-turut mengirimkan perwakilan desa wisatanya hingga masuk tahap 50 besar desa wisata terbaik.

Terpilihnya Desa Wisata Widosari dan masuk dalam 50 besar anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 sekaligus sebagai persiapan DIY yang menjadi tuan rumah asean tourism forum pada Januari 2023 mendatang yang akan dihadiri delegasi dari 10 negara di Asean.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x