Kompas TV video sinau

Alasan Bentuk Botol Minuman Bersoda Berbeda dengan Botol Air Mineral

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 20:32 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Meski meski berbahan dasar sama yakni dari plastik, bentuk botol minuman bersoda memiliki perbedaan dari botol air mineral, botol minuman bersoda memiliki ‘’kaki’’.

Sementara dasar botol air mineral terlihat datar. Minuman bersoda biasanya dikemas dalam botol plastik dengan lima tonjolan di bagian bawah.

Merangkum Bobo.id ,karena minuman soda berkarbonasi, punya tekanan lebih besar dibanding air mineral atau minuman lain .

Karbonasi atau karbon dioksida adalah gelembung kecil yang terlihat pada soda. Karbon dioksida menyebabkan perubahan volume pada minuman soda saat suhu cairan meningkat.

Fungsi ‘’kaki’’ ini menahan perubahan volume dan tekanan yang dihasilkan oleh soda. Maka botol jadi lebih kuat dan tidak mudah jatuh, bagian atas botol dibuat mengerucut untuk meningkatkan stabilitas.

Lima tonjolan itu juga untuk ilusi optik, jadi seolah kita melihat isinya lebih banyak dari yang sebenarnya. Mengutip Bobo.id ini merupakan strategi marketing atau penjualan dari perusahaan minuman bersoda.

Sementara,  botol air mineral maupun botol jus memiliki dasar yang cenderung datar. Karena jenis minuman ini tidak bertekanan tinggi seperti minuman bersoda.

Namun botol air mineral juga memiliki bagian yang agak cekung di bagian dasarnya, fungsinya untuk meningkatkan stabilitas botol.

Botol minuman bersoda juga sulit dirusak bagian bawahnya ketimbang bagian atas. Ini membuktikan kalau bagian bawah botol minuman bersoda, jauh lebih kuat menahan tekanan.

Baca Juga: Benarkah Isi Ulang Botol Plastik Itu Bahaya? Cek Faktanya Disini

Editor Video & Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x