Kompas TV video sinau

Fungsi Lubang-lubang Kecil yang Ada di Biskuit, Ternyata Penting

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 11:32 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Biskuit yang identik dengan lubangnya adalah biskuit cracker.  Apa fungsi dari lubang-lubang kecil  itu? apakah hanya hiasan saja? Mengutip  Bobo.id istilah biskuit asalnya dari bahasa Prancis bis-qui  yang dasarnya dari bahasa latin bis cotus. Artinya, roti yang dipanggang sebanyak  dua kali.

Berdasarkan catatan sejarah biskuit sudah dibuat sejak zaman Romawi. Roti yang dipanggang dua kali ini, bertujuan agar bisa disimpan dalam waktu yang lama,  sehingga bisa dibawa orang yang bepergian atau tentara.

Fungsi lubang pada biskuit cracker, ternyata penting! Yakni mengeluarkan uap dari adonan ketika proses pemanggangan berlangsung.  Dengan begitu, biskuit tetap pipih dan tidak mengembang.

Dalam membuat lubang di biskuit tidak bisa sembarangan, ada aturannya: jumlah dan posisi lubang pada biskuit disesuaikan dengan ukurannya agar menghasilkan biskuit yang pas, jumlah lubang pada biskuit itu tidak boleh terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Kemudian, posisi lubang pada biskuit tidak boleh terlalu berdekatan jika terlalu berdekatan biskuit jadi kering dan mengeras.

Baca Juga: 5 Camilan Sehat dan Enak, Bisa untuk Turunkan Berat Badan

https://www.kompas.tv/article/194999/5-camilan-sehat-dan-enak-bisa-untuk-turunkan-berat-badan 

Grafis: Joshua Victor 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x