Kompas TV video cerita indonesia

Dankormar Lacak Jejak Korps Marinir di TMP Kadilangu, Batang, Jawa Tengah

Kompas.tv - 10 November 2020, 22:38 WIB
Penulis : Aryo bimo

BATANG, KOMPAS.TV - Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr.(Han), didampingi Ketua PG. Jalasenastri Korps Marinir Ny.Etta Suhartono dan para Pejabat Utama Mako Kormar serta Pengurus PG. Jalasenastri Korps Marinir kembali melacak jejak sejarah perjalanan perjuangan Korps Marinir di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kadilangu, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Selasa (10/11/2020).

Kegiatan Kali ini dilaksanakan ditanah kelahiran Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr.(Han) yang kebetulan orang nomor satu di Korps Marinir tersebut asli putra daerah Desa Kalisalak, Kec Batang, Kab Batang.

Selain memperingati HUT Ke 75 Korps Marinir kegiatan ini bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan juga untuk menyisir jejak perjuangan prajurit-prajurit Marinir serta guna mengenang jasa prajurit yang dimakamkan TMP Batang.

Prajurit yang gugur dalam pertempuran di Mangkang dalam sebuah peristiwa perlawanan pasukan Corps Mariners C.A. IV (Sebutan Korps Marinir kala itu) yang berjuang dan bertempur di daerah Pekalongan, Batang dan Pemalang yang dikenal sebagai Sub Wehrkreise Slamet V (SWKS V) terhadap Sekutu yang terjadi di Mangkang, Semarang, Jawa Tengah, dibawah pimpinan Letnan. Moekijat.

“Seperti pepatah mengatakan Bangsa yang besar adalah dimana bangsa tersebut selalu menghargai jasa para pahlawannya,'' ucap Komandan Korps Marinir usai melaksanakan rangkaian Ziarah di TMP Kadilangu Batang.

Dalam Ziarah tersebut Dankormar beserta rombongan mengawali kegiatan dengan berdoa, melaksanakan tabur bunga, dilanjutkan melihat-lihat daftar nama pejuang dari prajurit Marinir.

Hadir mendampingi Dankormar dalam kegiatan tersebut, Koorsahli Dankormar, Aspotmar Dankormar, Aspers Dankormar, Asintel Dankormar, Asintel Pasmar 1, Kadispen Kormar, Koorsmin Dankormar, Pabinhar Jalasenastri, Pabungkol, Ketua PG.Jalasenastri Kormar beserta Pengurus Jalasenastri. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x