Kompas TV saintek sains

Panas Terik Hari Ini, BMKG Prediksi Indeks UV Ekstrem di Sebagian Besar Wilayah Indonesia

Kompas.tv - 8 Oktober 2023, 10:45 WIB
panas-terik-hari-ini-bmkg-prediksi-indeks-uv-ekstrem-di-sebagian-besar-wilayah-indonesia
Ilustrasi panas terik dan sinar ultraviolet dari paparan sinar matahari. (Sumber: Freepik)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi indeks Ultraviolet (UV) di hampir seluruh wilayah Indonesia siang ini, Minggu (8/10/2023), masuk kategori sangat tinggi hingga ekstrem.

Indeks UV kategori very high atau sangat tinggi menurut BMKG berarti indeks UV dengan nilai 8 sampai 10 yang memiliki risiko bahaya sangat tinggi. Apabila terpapar sinar matahari secara langsung, di antaranya kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dengan cepat.

Sedangkan indeks UV kategori ekstrem memiliki nilai lebih dari 11, yang berarti tingkat bahaya ekstrem bagi orang yang terpapar sinar matahari tanpa pelindung, sehingga perlu melakukan semua tindakan pencegahan untuk melindungi kulit dan mata.

BMKG memprediksi, paparan UV dengan indeks sangat tinggi hingga ekstrem mulai terjadi di wilayah Indonesia bagian timur pada pukul 08.00 hingga 09.00 WIB, yakni di sebagian wilayah Papua, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Bali, sebagian Kalimantan, dan sebagian Jawa Tengah.

Kemudian, pada pukul 10.00 hingga 11.00 WIB, hampir seluruh wilayah Indonesia diprediksi terpapar sinar UV kategori ekstrem dan sangat tinggi.

Hampir seluruh wilayah Papua, Maluku, Sulawesi, dan NTT, serta sebagian wilayah Kalimantan, Jawa, Bali, dan NTB diprediksi akan terpapar UV kategori ekstrem. Sementara itu, sebagian Jawa dan Sumatera diprediksi terpapar UV dengan indeks UV kategori sangat tinggi.

Baca Juga: Wilayah Indonesia yang Berpotensi Hujan Sedang hingga Lebat Hari Ini menurut BMKG

Pada pukul 12.00 WIB, sebagian besar wilayah Indonesia terpapar sinar UV dengan indeks UV kategori ekstrem dan sangat tinggi.

BMKG memprediksi wilayah dengan suhu terpanas siang ini, Minggu (8/10/2023) ada di Semarang dengan suhu mencapai 37 derajat Celsius, diikuti dengan Palembang dengan suhu mencapai 36 derajat Celsius, serta Makassar, Banjarmasin, dan Surabaya yang masing-masing diprakirakan mencapai suhu 35 derajat Celsius.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x