Kompas TV saintek teknologi

Apple Buka Suara soal Radiasi Tinggi iPhone 12 dan Berikan Solusi Ini

Kompas.tv - 18 September 2023, 08:16 WIB
apple-buka-suara-soal-radiasi-tinggi-iphone-12-dan-berikan-solusi-ini
Kaiann Drance, VP iPhone Product Marketing Apple, memamerkan tampilan iPhone 12 mini yang disandingkan dengan iPhone 12. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penjualan iPhone 12 didesak untuk dihentikan oleh pemerintah di Prancis. Hal ini dikarenakan hasil pengujian menunjukkan tingkat radiasi ponsel tersebut melampaui ambang batas yang ditetapkan.

Badan pengawas frekuensi radio Perancis, ANFR, melakukan pengujian terhadap ratusan model ponsel. Hasilnya, iPhone 12 menyerap energi elektromagnetik hingga 5,74 watt per kilogram pada simulasi digenggam atau disimpan di saku.

Ambang batas penyerapan energi elektromagnetik di Eropa adalah 4 watt per kilogram. Oleh karena itu, ANFR memerintahkan Apple menghentikan penjualan iPhone 12 per 12 September kemarin.

Baca Juga: Alasan iPhone 15 Pakai USB C, Ini Kegunaannya Menurut Apple

Apple diminta segera memperbaiki iPhone 12 yang sudah beredar agar sesuai standar. Jika tidak, maka akan ada recall atau penarikan kembali iPhone 12 dari pengguna di Prancis.

Menteri Digital Prancis, Jean-Noel Barrot mengatakan Apple kemungkinan akan menggulirkan update perangkat lunak untuk mengatasi masalah radiasi ini.

"Jika mereka gagal, saya siap memerintahkan recall (menarik) semua iPhone 12 yang beredar. Aturannya sama untuk semua orang, termasuk (perusahaan) raksasa digital," ujar Barrot dikutip dari France24, Kamis (14/9/2023).

Baca Juga: China Disebut Larang PNS Pakai iPhone, Apple Rugi Rp3.000 Triliun Lebih

Apple telah memberikan tanggapan pada Jumat (15/9) dan menyatakan akan memperbarui perangkat keras dan perangkat lunak iPhone 12 di Prancis dalam beberapa hari ke depan.

Langkah ini diambil meski baik Apple maupun pemerintah Prancis menegaskan tidak ada ancaman radiasi bagi kesehatan.

Apple diberi tenggat waktu 2 minggu oleh regulator Prancis untuk memperbarui iPhone 12. Setelah itu, ANFR akan menilai apakah pembaruan tersebut cukup untuk mencabut larangan penjualan sementara.

Baca Juga: Apple Luncurkan Kacamata AR Vision Pro Seharga Rp52 Juta, Apa Kemampuannya?

“Hal ini terkait protokol pengujian khusus yang digunakan oleh regulator Perancis dan bukan masalah keamanan,” kata Apple dikutip dari AFP.

Setelah pembaruan diterapkan, ANFR akan segera menilai dan memutuskan apakah larangan sementara terhadap penjualan iPhone 12 di Prancis akan dicabut atau tidak.

Sejumlah pakar menyatakan tidak ada dampak buruk radiasi ponsel pada kesehatan manusia. Namun paparan berlebihan tetap perlu dihindari, sehingga standar keamanan perlu ditetapkan.

Baca Juga: Wajib Dilakukan Pengguna iPhone, Apple Imbau Pengguna Update ke iOS 16.4.1 (a), Ini Alasannya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x