Kompas TV saintek teknologi

Apple Luncurkan Kacamata AR Vision Pro Seharga Rp52 Juta, Apa Kemampuannya?

Kompas.tv - 6 Juni 2023, 12:19 WIB
apple-luncurkan-kacamata-ar-vision-pro-seharga-rp52-juta-apa-kemampuannya
Apple Vision Pro dirancang untuk mempertahankan beban kerja berperforma tinggi dan mampu bekerja selama dua jam dengan sekali pengisian daya. (Sumber: Apple)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Apple merilis produk barunya berupa kacamata realitas (AR) yang diberi nama Vision Pro, Selasa (6/6/2023) dini hari WIB. Produk ini dibanderol dengan harga mulai dari 3.499 dolar AS atau sekitar Rp52 juta, apa kemampuannya?

Dikutip dari Apple, Tim Cook mengungkapkan Vision Pro menawarkan fitur yang membuat pengguna kacamata tersebut bisa memilih berbagai aplikasi dengan mengetuk layar dan menggulir layar dengan menggeser jari saja.

Selain itu, perintah suara juga dapat digunakan, dan menurut Apple, ratusan ribu aplikasi iPhone dan iPad yang sudah dikenal secara otomatis dapat berfungsi dengan cara tersebut.

Vision Pro menggunakan prosesor M2, tetapi juga dilengkapi dengan chip baru yang disebut R1. Kacamata ini dilengkapi dengan kamera 3D dan mikrofon, memungkinkan pengguna untuk merekam video dan mengambil foto 3D.

Baca Juga: Mengapa Ada Bekas Gigitan di Logo Apple? Ternyata Ini Sebabnya

Tak berhenti di situ, kacamata ini juga bisa menampilkan fitur unik di mana mata pengguna bisa terlihat oleh orang-orang di sekelilingnya.

Selain itu, pengguna juga bisa memilih untuk sepenuhnya tenggelam di dunia virtual, dengan membuat seluruh pandangannya ke dunia nyata menjadi gelap.

Pengguna akan melihat user interface yang dimiliki Vision Pro dan sekelilingnya ketika menggunakan perangkat tersebut. (Sumber: Apple)

Dalam hal desain, Vision Pro dirancang untuk mudah dikenakan dan tampak ringkas.

Apple memperkenalkan teknologi sistem display beresolusi tinggi yang memanfaatkan teknologi micro-OLED.

Layar dalam kacamata ini mencakup 23 juta piksel yang siap memanjakan mata penggunakanya. Kacamata ini menyediakan lebih banyak piksel ketimbang TV 4K untuk setiap mata.

Baca Juga: Wajib Dilakukan Pengguna iPhone, Apple Imbau Pengguna Update ke iOS 16.4.1 (a), Ini Alasannya

Pengguna akan mengalami pengalaman yang luar biasa dengan terobosan ini, yang menggabungkan lensa katadioptrik khusus untuk menghasilkan gambar yang tajam dan jernih.

Vision Pro dengan mudah berintegrasi dengan sisipan optik khusus dari Zeiss yang dapat dipasang secara magnetis ke lensa.


 

Hal ini membuatnya menjadi solusi yang ideal bagi pengguna yang biasa menggunakan kacamata.

Apple berencana merilis Vision Pro di Amerika Serikat mulai awal 2024, diikuti oleh negara-negara lain beberapa bulan setelahnya.



Sumber : Kompas TV/Apple

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.