Kompas TV saintek teknologi

Alasan iPhone 15 Pakai USB C, Ini Kegunaannya Menurut Apple

Kompas.tv - 15 September 2023, 16:30 WIB
alasan-iphone-15-pakai-usb-c-ini-kegunaannya-menurut-apple
Apple meluncurkan seri iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Keduanya membawa peningkatan ketimbang ponsel sebelumnya. (Sumber: Apple)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Series iPhone terbaru iPhone 15 resmi dilengkapi dengan port USB-C atau port USB Type-C.

Perusahaan pengembang iPhone, Apple telah lama dikenal menggunakan kabel Lightning miliknya sendiri untuk pengisian daya dan transfer data.

iPhone 15 series yang terdiri dari iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max, menjadi yang pertama yang pakai USB-C.

Kenapa iPhone 15 Pakai USB-C?

Perubahan iPhone 15 yang kini pakai port USB Type-C disinyalir karena desakan dari Uni Eropa atau European Union (EU).

Baca Juga: Daftar iPhone yang Dapat iOS 17, iPhone X dan iPhone 8 Dicoret, iPhone 11 Aman

Akhir tahun lalu, EU mengeluarkan undang-undang yang memberlakukan port pengisian daya umum pada banyak perangkat elektronik, termasuk ponsel, tablet, dan kamera.

Tujuannya adalah untuk memastikan orang dapat terus menggunakan pengisi daya lama mereka bahkan setelah mereka beralih ke perangkat baru sehingga mengurangi limbah elektronik.

Kegunaan USB-C Pada iPhone 15

Melansir Apple.com, Jumat (15/9/2023), pengguna dapat memanfaatkan port USB-C di seri iPhone 15 untuk mengisi daya AirPods dan Apple Watch.

Baca Juga: Daftar Harga iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max Terbaru

Artinya tidak perlu menggunakan kabel yang ekslusif, pengguna hanya perlu membawa satu kabel pengisi daya.

Kegunaan yang kedua ada pada bagian kecepatan transfer data. Port USB-C di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus mendukung USB 2.

Sementara manfaat paling menonjol dari USB-C di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max adalah dukungan USB 3, yang dua puluh kali lebih cepat daripada USB 2.


Apple mengatakan transfer data dengan USB-C di iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max akan menawarkan kecepatan transfer hingga 10 gigabite per detik.

Di sisi lain, penggunaan USB-C ini tidak begitu berpengaruh pada kecepatan pengisian daya.

IPhone 15 dan 15 Pro memerlukan waktu 30 menit untuk mengisi daya 50 persen menggunakan adaptor daya 20W, sedangkan iPhone 15 Plus dan 15 Pro Max yang lebih besar memerlukan waktu 35 menit untuk mencapai daya 50 persen.



Sumber : Apple.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x