Kompas TV saintek teknologi

Sekarang Bisa Transfer Data WhatsApp dari Ponsel Lama ke Ponsel Baru Pakai Kode QR

Kompas.tv - 3 Juli 2023, 13:33 WIB
sekarang-bisa-transfer-data-whatsapp-dari-ponsel-lama-ke-ponsel-baru-pakai-kode-qr
WhatsApp menambah fitur baru untuk mentransfer riwayat chat dari ponsel lama ke ponsel baru menggunakan sistem berbasis kode QR. (Sumber: Dok. Shutterstock)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- WhatsApp menambah fitur baru untuk mentransfer riwayat chat dari ponsel lama ke ponsel baru menggunakan sistem berbasis kode QR.

Mengutip dari Antara, Senin (3/7/2023), fitur terbaru perusahaan ini memungkinkan pengguna untuk memigrasi data WhatsApp mereka dengan lancar saat beralih ke perangkat baru yang menggunakan sistem yang sama, baik iOS maupun Android.

Caranya, pengguna harus menyalakan kedua perangkat dan terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Pada ponsel lama, pilih Pengaturan WhatsApp, lalu pilih Obrolan dan Transfer Obrolan.

Baca Juga: Akun Twitter KAI Masih Ditangguhkan, Layanan Keluhan Pelanggan Bisa Lewat Instagram dan Whatsapp

Setelahnya, akan keluar kode QR yang dapat dipindai dari ponsel baru untuk menyelesaikan proses transfer.

WhatsApp menjamin keamanan proses transfer data ini. Data yang dienkripsi hanya dibagikan antara kedua perangkat melalui jaringan lokal, sehingga menjamin pengalaman migrasi yang aman dan pribadi.

Sebelumnya, WhatsApp mengandalkan cadangan cloud untuk memfasilitasi transfer data antara perangkat yang menjalankan sistem operasi yang sama.

Metode transfer lokal baru ini merupakan langkah pertama perusahaan dalam menawarkan solusi yang lebih terpadu untuk migrasi semacam itu.

Baca Juga: Cara Kirim Foto Kualitas HD di WhatsApp Tanpa Dijadikan Dokumen, Tak Lagi Pecah dan Buram

WhatsApp sudah mendukung migrasi antara perangkat iOS dan Android, namun, metode yang ada sedikit lebih kompleks dibandingkan dengan kesederhanaan dari proses pemindaian kode QR yang baru.

Selain fitur transfer data, WhatsApp menawarkan fungsionalitas multi-perangkat, yang memungkinkan pengguna untuk menyinkronkan pesan di berbagai perangkat menggunakan satu nomor telepon.

Perusahaan baru-baru ini memperluas fitur ini untuk mendukung beberapa ponsel, memberikan kenyamanan dan fleksibilitas yang lebih besar bagi penggunanya.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x