Kompas TV religi agama

Kumpulan Doa yang Dibaca 1 Muharam 2023, Memohon Perlindungan dan Kelancaran Rezeki

Kompas.tv - 17 Juli 2023, 12:28 WIB
kumpulan-doa-yang-dibaca-1-muharam-2023-memohon-perlindungan-dan-kelancaran-rezeki
Ilustrasi. Doa yang dibaca saat 1 Muharram 2023 (Sumber: https://images.app.goo.gl/JNa9wJqiX4LtyaVV7)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Membaca doa merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dilakukan saat 1 Muharam 1445 Hijriah yang jatuh pada Rabu 19 Juli 2023.

Doa awal tahun ini diucapkan saat pergantian Tahun Baru Islam 2023 pada Selasa, 18 Juli 2023 setelah salat magrib. Hal ini karena perhitungan tahun hijriah dimulai setelah terbenamnya matahari.

Doa 1 Muharam 2023 dibaca sebagai bentuk meminta ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang telah lalu, dan memohon perlindungan, kesehatan dan rezeki untuk tahun yang akan datang.

Ulama besar Syekh Ibnu Qudamah Al-Maqdisy menuturkan bahwa ia tidak pernah melewatkan untuk membaca doa pada 1 Muharam yang merupakan wasiat dari guru-gurunya.

Doa 1 Muharam tersebut berupa membaca Ayat Kursi (QS Al-Baqarah:225), doa setelah membaca Ayat Kursi dan doa awal tahun.

Baca Juga: Bacaan Doa Awal dan Akhir Tahun Baru Islam 2023, Ini Waktu Mengucapkannya

Setiap umat islam juga boleh menambahkan untuk membaca doa lain sesuai dengan harapan dan keinginan masing-masing.

Bacaan Doa 1 Muharram 2023

1. Ayat Kursi

Ayat Kursi dibaca sebanyak 360, 121, 100, 77, 41, 21, atau 11 kali sesuai kemampuan dengan membaca basmalah di setiap permulaannya.

Bismillahirrahmaanirrahim, Allaahu laa ilaaha illaa huw, al-hayyul-qayyum, laa ta'khuzuhu sinatuw wa laa na'um, lahu maa fis-samaawaati wa maa fil-ar, man zallazii yasyfa'u 'indahuu illaa bi'idznih, ya'lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yuhiituna bisyai'im min 'ilmihii illaa bimaa syaa', wasi'a kursiyyuhus-samaawaati wal-ard, wa la ya'uduhu hifduhumaa, wa huwal-'aliyyul-'aziim

Artinya, "Allah, tiada yang layak disembah kecuali Dia yang hidup kekal lagi berdiri sendiri. Tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberikan syafa’at di sisi-Nya kecuali dengan izin-Nya. Dia mengetahui apa yang ada di hadapan dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui sesuatu dari ilmu-Nya kecuali apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat menjaga keduanya. Dia maha tinggi lagi maha agung.”

Keutamaan membaca Ayat Kursi sangatlah besar, bahkan kedudukan ayat ini sebagai pemimpin ayat Alquran, sebagai ayat paling agung, untuk mendapatkan balasan surga, pahala mati syahid, memohon perlindungan, hingga rezeki.

Baca Juga: Niat dan Jadwal 6 Hari Puasa Muharram 2023 Menurut Pemerintah, Berikut Keutamaannya

2. Doa Setelah Membaca Ayat Kursi 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x