Kompas TV religi beranda islami

Bacaan Doa Awal dan Akhir Tahun Baru Islam 2023, Ini Waktu Mengucapkannya

Kompas.tv - 17 Juli 2023, 11:29 WIB
bacaan-doa-awal-dan-akhir-tahun-baru-islam-2023-ini-waktu-mengucapkannya
ilustrasi. Doa awal dan akhir Tahun Baru Islam 2023 (Sumber: tribunnews.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebentar lagi, kaum Muslim akan melewati Tahun Baru Islam 1445 Hijriah. Salah satu amalan yang dianjurkan yakni memperbanyak doa di awal tahun dan akhir tahun.

Sebagai informasi, menurut SKB 3 Menteri tentang Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, 1 Muharam yang menandakan Tahun Baru Islam jatuh pada Rabu 19 Juli 2023.

Oleh karena itu, pergantian Tahun Baru Islam 2023 akan jatuh pada Selasa 18 Juli 2023. Hal ini karena perhitungan tahun hijriah dimulai setelah terbenamnya matahari.

Artinya, pada 18 Juli setelah waktu Magrib hingga 19 Juli sebelum waktu Magrib sudah menginjak tanggal 1 Muharam.

Baca Juga: Niat dan Jadwal 6 Hari Puasa Muharram 2023 Menurut Pemerintah, Berikut Keutamaannya

Doa Akhir Tahun Baru Islam 2023 Dibaca Kapan?

Doa akhir Tahun Baru Islam dibaca sebelum Magrib pada akhir tanggal 29/30 Zulhijah 1444 H yang artinya tahun ini pada Selasa (18/3/2023) setelah salat Asar.

Bacaan Doa Akhir Tahun Baru Islam

Melansir NU Online, berikut doa akhir tahun dalam kitab Maslakul Akhyar.

Doa akhir tahun yang diajarkan Rasulullah (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Latin: Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihi sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya, “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah."

Baca Juga: Dipercaya Bawa Sial, Benarkah Dilarang Menikah di Bulan Suro atau Muharram?

Doa Awal Tahun Baru Islam 2023 Dibaca Kapan?

Sementara doa awal tahun dibaca setelah Maghrib pada 1 Muharram 1445 H yakni Selasa (18/3) setelah salat Magrib atau setelah salat Isya.

Bacaan Doa Awal Tahun Baru Islam

Doa awal Tahun Baru Islam 2023 (Sumber: Kompas TV/ Dian Nita)

Latin: Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Baca Juga: 1 Muharram 1445 Hijriah Jatuh pada Rabu 19 Juli 2023, Ini Sejarah Awal Tahun Baru Islam

Artinya, “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.” 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x