Kompas TV religi agama

Jemaah Haji Indonesia Laksanakan Wukuf di Arafah, Ini Link Siaran Langsung Khutbahnya

Kompas.tv - 27 Juni 2023, 20:19 WIB
jemaah-haji-indonesia-laksanakan-wukuf-di-arafah-ini-link-siaran-langsung-khutbahnya
Jemaah haji asal Indonesia sedang melaksanakan wukuf di Arafah, Makkah, Arab Saudi, Selasa (27/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kemenag RI/Nadia)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Deni Muliya

MAKKAH, KOMPAS.TV - Jemaah haji Indonesia dan seluruh dunia saat ini, Selasa (27/6/2023) sedang melaksanakan ibadah wukuf di Arafah, Makkah, Arab Saudi.

Pelaksanaan ibadah wukuf itu dimulai sejak tengah hari atau pukul 12.00 Waktu Arab Saudi (WAS) hingga terbenamnya Matahari pada waktu Maghrib atau pukul 18.51 WAS. 

Apabila disesuaikan dengan waktu Indonesia bagian barat (WIB) ibadah wukuf jemaah haji 2023 ini berlangsung mulai dari pukul 16.00 hingga sekitar pukul 23.00 WIB.

Kasi Bimbingan Ibadah Daker Madinah, Yendra Al Hamidy menjelaskan, di Arafah jamaah menempati tenda sesuai dengan maktab masing-masing. 

"Wukuf dimulai bakda zawal (setelah matahari tergelincir ke barat), sebelum masuknya waktu Zuhur. Sebelum memasuki wukuf jamaah haji bisa membaca Al Quran, bertobat, kemudian merenung, mengingat dosa-dosa yang telah diperbuat, istigfar dan meminta ampun kepada Allah SWT," kata Yendra, Selasa (27/6/2023).

Baca Juga: Suhu Arab Saudi pada Puncak Ibadah Haji Tinggi, Jemaah Diimbau Minum Air Tiap 10 Menit

Pembimbing ibadah, kata dia, akan memberitahu jamaah mengenai waktu mulainya pelaksanaan wukuf.

"Jamaah kemudian mendengarkan khutbah wukuf, lalu dìlanjutkan Shalat Zuhur dan Asar jamak takdim," katanya dilansir dari Antara.

Pada pelaksanaan ibadah haji 2023 ini, khutbah wukuf akan diterjemahkan ke dalam 20 bahasa, yakni Indonesia, Inggris, Prancis, Urdu, Jerman, Spanyol, Bengali, Turki, Rusia, dan Melayu.

Kemudian bahasa Amharik, Hausa, China, Persia, Tamil, Filipina, Bosnia, Swahili, Hindi, dan Swedia.

Sejumlah penceramah juga telah menyampaikan khutbah di tenda jemaah haji Indonesia.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga tampak mendengarkan khutbah dari tenda di Padang Arafah yang dilengkapi pendingin ruangan serta karpet sebagai alas.

Baca Juga: Lebih dari 200 Jemaah Haji Indonesia Safari Wukuf, Ibadah di Arafah dari dalam Kendaraan

Link khutbah wukuf ibadah haji 2023

Kemenag menyiarkan khutbah wukuf ibadah haji 2023 melalui media sosial Youtube yang dapat diakses dengan klik di link berikut ini.

Setelah melaksanakan wukuf, jamaah akan diberangkatkan ke Muzdalifah untuk mengambil batu kerikil sebanyak 49 hingga 70 butir.

Setelah mengambil batu, jamaah selanjutnya diberangkatkan secara bertahap ke Mina untuk menginap atau mabit. 

Pada 10 Zulhijjah atau Rabu (28/6) menuju jamarat untuk lempar jamrah aqabah.


 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x