Kompas TV nasional politik

Analis Komunikasi Politik Sebut PAN Layak Dapat Minimal 3 Kursi di Kabinet Prabowo-Gibran

Kompas.tv - 7 Mei 2024, 22:30 WIB
analis-komunikasi-politik-sebut-pan-layak-dapat-minimal-3-kursi-di-kabinet-prabowo-gibran
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Sabtu (8/4/2023). Menerka jumlah kursi bagi PAN pada kabinet Prabowo-Gibran (Sumber: KOMPAS.com/ Tatang Guritno)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Analis komunikasi politik, Adi Prayitno berpendapat Partai Amanat Nasional (PAN) sangat layak mendapatkan minimal 3 kursi menteri di kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pernyataan Adi Prayitno yang juga merupakan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini disampaikan dalam Program Rumah Pemilu KompasTV, Selasa (7/5/2024) menjawab pertanyaan tentang kelayakan jatah kursi menteri PAN.

“Kalau kita terawang dari jauh ya, minimal bagi PAN itu layak minimal dapat 3 kursi,” jelasnya.

Menurutnya kebersamaan antara PAN dan Prabowo Subianto sudah terbangun sejak Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, kemudian lanjut 2019, dan 2024.

Baca Juga: Soal Peluang Anies-Ahok di Pilkada Jakarta 2024, Sekjen PDIP: Masih Dicermati

“Dukungan PAN bagi Prabowo Subianto yang ketiga kalinya di Pilpres 2024 ini kan berbuah manis.”

“Bagi saya, loyalitas dan totalitas PAN ini mesti diganjar minimal 3 menteri yang saya kira cukup layaklah diberikan kepada PAN,” ucapnya menegaskan.

Kedua, lanjut Adi Prayitno, jika meliat kinerja politik PAN selama masa kampanye Pilpres 2024, kader mereka sangat masig mengampanyekan pasangan Prabowo-Gibran.

“Kalau kita melihat kinerja poltik PAN sepanjang kampanye Pemilu 2024 ini termasuk memberikan satu kinerja dan kampanye politik yang cukup masif,” tuturnya.

“Terutama ketika melibatkan influencer dan kalangan artis yang merupakan kader PAN. Mereka bahu membahu dan berjibau mengampanyekan Prabowo-Gibran sepanjang waktu.”

Dalam kesempatan itu ia juga menyebut sejumlah ama kader PAN yang dinilainya pantas masuk ke kabinet Prabowo-Gibran.

Nama teratas adalah Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, yang dikatakannya memiliki kedekatan dengan Prabowo.

“Bagi saya yang hampir pasti bahwa 100 persen akan menjadi menteri adalah Zulkifli Hasan, ini tidak bisa dibantah oleh apapun, mengingat posisinya sebagai ketua umum yang saya kira memang memiliki kapasitas memiliki kemamuan, dan memiliki kometensi,” bebernya.

Baca Juga: Apa Langkah Prabowo Usai Luhut-Jokowi Pesan Jangan Ajak Orang "Toxic"? Begini Kata Pengamat

“Yang paling penting, posisinya sebagai ketua umum partai yang memiliki kedekatan luar biasa dengan Prabowo, bisa menggaransi bahwa salah satu partai yang akan merekomendasikan menterinya Prabowo adalah Zulkifli Hasan.”

Kedua, Adi Pratytno menyebut nama Sekjen PAN Edi Suparno, kemudian ada nama Viva Yoga dan Yandri Susanto yang layak disodorkan mengisi kursi kabinet Prabowo-Gibran.


 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x