Kompas TV religi agama

Suhu Arab Saudi pada Puncak Ibadah Haji Tinggi, Jemaah Diimbau Minum Air Tiap 10 Menit

Kompas.tv - 27 Juni 2023, 16:02 WIB
suhu-arab-saudi-pada-puncak-ibadah-haji-tinggi-jemaah-diimbau-minum-air-tiap-10-menit
Kondisi Arafah jelang puncak ibadah haji atau ibadah tawaf di Makkah, Arab Saudi, Selasa (27/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Deni Muliya

MAKKAH, KOMPAS.TV - Suhu udara di Arab Saudi pada puncak pelaksanaan ibadah haji di Padang Arafah, Makkah, Selasa (27/6/2023) tinggi.

Berdasarkan laporan jurnalis Kompas TV Abel Insani suhu udara di Arafah, Makkah, berkisar antara 45 hingga 50 derajat celcius.

Suhu tinggi Arab Saudi saat ini karena Tanah Suci itu tengah memasuki puncak musim panas.

Panitia penyelenggaraan ibadah haji mengingatkan jemaah asal Indonesia untuk selalu minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi di tengah teriknya cuaca di Padang Arafah.

Jemaah haji diingatkan untuk meminum air putih setidaknya 10 menit sekali meski belum merasa haus.

Pantauan Breaking News Kompas TV, banyak jemaah calon haji dari berbagai negara yang menggunakan payung saat berjalan di area Arafah.

Jemaah melaksanakan ibadah wukuf pada pukul 12.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau sekitar pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.51 WAS atau sekitar pukul 22.53 WIB.

Baca Juga: Jemaah Calon Haji Padati Padang Arafah, Wukuf Dimulai Siang Ini hingga Maghrib Waktu Arab Saudi

Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat, Akhmad Fauzin pun mengingatkan, agar jemaah calon haji Indonesia, terutama yang sedang sakit, untuk senantiasa menjaga kesehatan.

“Bagi jemaah sakit, agar bersabar, ikhtiar berobat ke dokter, serta zikir dan doa untuk kesembuhan. Menjaga salat lima waktu. Jika tidak mampu salat dengan berdiri maka boleh shalat sambil duduk atau berbaring di tempat tidur, atau jika terpaksa dengan isyarat,” kata Fauzin, Selasa (27/06/2023) di Media Center Haji (MCH) Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x