Kompas TV religi agama

Tadarus Ramadan 2023 Maarif Institute: 2 Dekade Konsisten Rawat Pemikiran Buya Syafii

Kompas.tv - 10 April 2023, 05:05 WIB
tadarus-ramadan-2023-maarif-institute-2-dekade-konsisten-rawat-pemikiran-buya-syafii
Mensyukuri dua dekade, MAARIF Institute menggelar rangkaian acara tadarus ramadhan. Acara ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan menebar pemikiran keislaman, kebangsaan dan kemanusiaan Buya Syafii Maarif, khususnya di kalangan generasi milennial di seluruh penjuru tanah air. (Sumber: Dok Maarif Institute)
Penulis : Deni Muliya | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Mensyukuri dua dekade, MAARIF Institute menggelar rangkaian acara tadarus ramadan.

Tahun ini, acara tadarus ramadan menggandeng para alumni Sekolah Kebudayaan dan Kemanusiaan (SKK), alumni Jambore yang tersebar di sejumlah daerah yang meliputi Sumatra (Padang, Bengkulu) Sulawesi (Makasar dan Manado) dan pulau Jawa (Bogor, Kuningan dan Malang). 

Baca Juga: Maarif Institute Gelar Jambore Pelajar, Warisi Cita-Cita Buya Syafii ke Generasi Muda

"Acara ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan menebar pemikiran keislaman, kebangsaan dan kemanusiaan Buya Syafii Maarif, khususnya di kalangan generasi milennial di seluruh penjuru tanah air," kata Direktur Program MAARIF Institute, Moh. Shofan, Minggu (9/4/2023).

Shofan menjelaskan, kegiatan yang dilakukan melalui layar aplikasi zoom ini menjadi ruang sekaligus arena perjumpaan generasi muda dan milenial.

Tujuannya untuk dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman antarsesama yang memiliki latar belakang identitas berbeda.

Perbedaannya mulai dari agama, etnis, suku, bahasa maupun budaya. 

“Kerja sama dengan berbagai pihak mesti kita lakukan agar masyarakat, terutama generasi milennial, memiliki kesadaran dan tanggung jawab bersama untuk mewarisi serta melanjutkan pemikiran Buya Syafii," jelas Shofan.

Acara yang dihadiri ratusan peserta itu dapat mendorong anak-anak muda untuk berpikir konstruktif, progresif, yakni dengan terobosan dan inovasi. 

Baik dalam bidang politik, sosial, agama, kemasyarakatan untuk melawan segala bentuk distorsi yang dapat menyebabkan perpecahan bangsa.

Kali ini, gelaran tadarus ramadan diselenggarakan secara bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Universitas Islam Indonesia (UIN) Imam Bonjol Padang dan UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Padang.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.