Kompas TV religi beranda islami

Pahalanya Berlipat Ganda, Bacaan Zikir Tasbih Pagi Hari dan Sore Hari

Kompas.tv - 13 Januari 2022, 06:46 WIB
pahalanya-berlipat-ganda-bacaan-zikir-tasbih-pagi-hari-dan-sore-hari
Ilustrasi zikir. Jangan lewatkan bacaan tasbih zikir sore hari dan pagi hari, pahala akan berlipat ganda (Sumber: TribunStyle)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ini merupakan zikir yang diajarkan oleh Rasulullah dan termaktub dalam kitab Adzkar Imam Nawawi. Zikir ini merupakan tasbih, zikir untuk berisi puji-pujian kepada Allah SWT.  

Salah satu keutaman zikir tasbih ini adalah pahalanya akan terus berlipat ganda dan memberikan keberhakan bagi yang mengamalkannya.

Zikir ini termaktub dalam Kitab Adzkar Imam Nawawi, sebuah kitab babon yang berisi zikir, doa, dan tuntunan hidup Islam.

Zikir ini termasuk dalam bab awal dalam kitab Imam Nawawi tersebut.

Zikir ini dinukil dari sebuah hadis Nabi Muhammad SAW tentang sebuah zikir yang baiknya dibaca saat  pagi har dan sore hari tiba.

Zikir tasbih ini bisa diperbanyak, baik dibaca langsung maupun lisan.  Waktu terbaiknya, dari matahari mulai berdiri saat pagi hari dan ketika matahari mulai tenggelam di sore hari. 

Baca Juga: Doa Pagi Hari Meluaskan Pintu Rezeki

Dalil Zikir Pagi Hari dan Sore Hari

Dalam Alquran surat Ghafir disebutkann alasan kenapa seorang muslim baiknya tidak melewatkan zikir di pagi hari dan sore hari.

Zikir pagi dan sore atau petang hari selain mendapatkan keberkahan, bagi yang sering mengamalkannya juga berpahala dan meluaskan hati.

Firman Allah SWT dalam Surat Ghafir ayat 5 yang artinya: Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu sore dan pagi” (QS. Ghafir: 55).

Nah zikir tasbih di bawah ini bisa kita amalkan. Zikir ini berasal dari sabda Nabi SAW tentang sebuah zikir dengan pahala yang terus berlipat ganda.

“Siapa yang membaca di waktu pagi dan sore, ‘Subhanallah wa bihamdihi’ seratus kali, maka tidak ada seorangpun yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala yang lebih baik dari pahala yang dia bawa, kecuali orang yang membaca seperti yang dia baca atau lebih banyak.” (HR. Muslim).

Baca Juga: Melancarkan Jalan Rezeki, Perbanyak Zikir Ringan Ini Pagi Hari Sebelum dan Ketika Bekerja

Berikut zikir dan pagi sore itu

Teks zikir pagi dan sore hari, baca minimal 100 kali pahalanya berlipat ganda (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks Latin: Subhanallah Wabihamdihi.

Artinya: "Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya

atau bisa ditambahi dengan zikir tambahan Subhanallahil Adzim, yang artinya: Maha Suci Allah yang Maha Agung"

Semoga kita senantiasa rutin mendaraskan zikir sore hari dan zikir pagi hari, agar keberkahan selalu menaungi hidup kita, serta pahala datang ke kita dengan terus berlipat ganda Amin. Wallahu a’lam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x