Kompas TV religi beranda islami

Jangan Berputus Asa dari Rahmat Allah

Kompas.tv - 11 November 2020, 22:15 WIB
jangan-berputus-asa-dari-rahmat-allah
Rahmat dan pengampunan Allah amat sangat luas kepada hamba-hambanya yang melampaui batas yang ingin bertaubat dan kembali kepadaNya. (gambar ilustrasi) (Foto: Elijah O' Donnell, Pexels)
Penulis : Agung Pribadi

Manusia yang terlahir di muka bumi ini pada setiap fase kehidupannya tak akan pernah lepas dari masalah. Masalah ini senantiasa akan mengiringi langkah kita dalam mengarungi kehidupan ini hingga akhir hayat.

Maka bagi hamba Allah yang beriman, hidup ini adalah merupakan ujian. Selama hidup itu pula Allah akan menguji kita, sebagaimana dikatakan dalam firmanNya,

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka akan dibiarkan untuk mengatakan, ‘kami telah beriman’ Tanpa diuji?! Sungguh Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, sehingga Allah benar-benar tahu orang-orang yang tulus dan orang-orang yang dusta“. (QS. Al-Ankabut: 2-3).

Disinilah perlunya kita selalu mengingat Allah, sebab ujian itu datang dari Allah maka solusinya pun perlu untuk melibatkanNya.

Lantas apa jadinya bila kita tak pernah meminta pertolonganNya dalam setiap langkah yang kita ambil di kehidupan ini? Cukupkah dengan pertolongan manusia atau mahluk Allah lainnya pada kita?

Faktanya kesenangan duniawi berupa harta yang melimpah, anak-anak yang tumbuh kembang bersama kita, kedudukan yang tinggi serta berbagai kesenangan lainnya tak selalu membuat kita bahagia.

Seringkali kehidupan ini justru melenakan dan menyeret kita ke dalam lembah dosa dan kenistaan.

Bila seseorang telah mencapai titik puncak kehidupannya ia malahan akan merasa jenuh dan cenderung mencari kesenangan yang bersifat merusak serta menyesatkan.

Akibatnya manusia kemudian menjadi mudah menyerah dan berputus asa bila tak sanggup menyelesaikan masalahnya.

Bila datang hal ini pada kita, ketahuilah pintu taubat akan selalu terbuka. Sebagaimana disebutkan dalam ayat,

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS. Az Zumar: 53-54).

Setiap manusia yang terjerumus dalam kemaksiatan dan dosa bahkan kekafiran atau berbagai keburukan lainnya, bilamana mereka hendak bertaubat dan kembali lagi kepadaNya, sampaikanlah berita gembira kepada mereka bahwa Allah mengampuni setiap dosa bagi siapa saja yang bertaubat




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x