Kompas TV regional berita daerah

Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh 2020 Di Polda Sulut

Kompas.tv - 24 Juli 2020, 17:50 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV - Kepolisian Republik Indonesia secara serentak memulai operasi patuh 2020 terhitung mulai 23 Juli hingga 5 Agustus.  Hari pertama operasi patuh di Manado Sulawesi Utara,  diawali dengan apel gelar pasukan operasi kepolisian mandiri  kewilayahan patuh samrat 2020 di halaman Mapolda Sulawesi Utara, Kamis 23 Juli 2020.

Sebanyak 696 personel dikerahkan untuk melakukan pengawasan pelanggaran lalu lintas di jalanan,  yang tersebar di 15 polres se-Sulawesi Utara.

Operasi patuh kali ini berlangsung di tengah wabah Covid-19, karenanya kepolisian memfokuskan operasi berlangsung secara kondusif dengan penerapan protokol pencegahan Covid-19.

Sasaran operasi patuh kali ini ialah pengemudi dan penumpang yang tidak menggunakan helm, pengemudi yang menggunakan telepon seluler saat berkendara, pengemudi yang melawan arus serta yang tidak menggunakan sabuk keselamatan.

Bagi pengendara yang tidak menggunakan masker, polisi tidak akan melakukan penilangan namun akan diberi edukasi agar menggunakan masker, demi meminimalisir penyebaran virus korona.

Tujuan operasi samrat kali ini ialah meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, dimana polisi mengedepankan langkah preemtif 40 persen, preventif 40 persen dan penegakkan hukum  20 persen.

Data dirlantas polda sulawesi utara, operasi patuh tahun 2019 tercatat 9648 pelanggaran, dimana angka ini meningkat 6 persen dibanding tahun 2018. kasus pelanggaran didominasi pelanggaran kelengkapan surat-surat kendaraan, lalai menggunakan sabuk keselamatan, penggunaan helm yang tidak standar sni serta pelanggaran rambu dan marka jalan.

#kompastvmanado #operasipatuh2020 #apelpasukan

YANNEMIEKE SINGAL  KOMPAS TV MANADO SULAWESI UTARA

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 48 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x