Kompas TV regional berita daerah

Kapal Bermuatan 5 Ton Ikan Tenggelam di Perairan Utara

Kompas.tv - 29 Mei 2020, 10:18 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Sebuah kapal penyeberangan antar pulau tenggelam di Perairan Utara Probolinggo Jawa Timur pada Rabu (27/05). Beruntung saat kejadian, anak buah kapal dan nakhoda berhasil diselamatkan.

Kapal motor yang tenggelam adalah KM Mandala, yang selama ini digunakan sebagai kapal penyeberangan barang dan penumpang dari Pulau Gili Ketapang Probolinggo menuju Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo.

Kapal berdaya mesin 4 gross tonnage tersebut tenggelam sekitar 90 persen, sehinggga badan kapal tidak terlihat. Nelayan yang kebetulan melintas, berusaha menyelamatkan seorang nakhoda dan seorang anak buah kapal.

Kapal bermauatan 5 ton ikan laut segar tersebut tenggelam saat berlayar dari Pulau Gili Ketapang Menuju Pelabuhan Tanjung Tembaga. Namun baru 15 menit berlayar, kapal tiba-tiba karam.

Kasat Polair Polres Probolinggo, Akp Slamet Prayitno mengatakan pihaknya masih mendalami penyebab laka laut tunggal tersebut.

Namun dari hasil pemeriksaan sementara, kapal milik Busar, warga Mayangan Kota Probolinggo tersebut, tenggelam karena kelebihan muatan dan kondisi kapal sudah menua.

Dengan dibantu 4 kapal nelayan lainnya, bangkai kapal akhirnya ditarik ke dermaga pelabuhan. Meski tidak menelan korban jiwa, namun pemilik kapal menderita kerugian material puluhan juta rupiah.

 

#KapalTenggelam #PerairanUtara #Probolinggo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Hukum

KPK Geledah Kantor Setjen DPR

30 April 2024, 15:34 WIB

Close Ads x