Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Mudik Lebaran via Tol Kartasura-Klaten Gratis Mulai 5 April 2024, Waktu Perjalanan Hanya 25 Menit

Kompas.tv - 4 April 2024, 08:58 WIB
mudik-lebaran-via-tol-kartasura-klaten-gratis-mulai-5-april-2024-waktu-perjalanan-hanya-25-menit
Tol fungsional Kartasura-Klaten (Sumber: Jatengprov.go.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo Rudy Hardiansyah mengatakan, ruas tol baru Tol Kartasura-Klaten bisa dilewati masyarakat yang akan mudik Lebaran 2024 secara gratis.

Diketahui, Tol Kartasura-Klaten sepanjang 22 kilometer merupakan bagian dari Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo. 

Adapun Tol Kartasura-Klaten akan dioperasikan pada masa mudik dan balik Lebaran tanggal 5-15 April 2024 pukul 06.00-17.00 WIB.

"Karena ini fungsional, jadi gratis," ucap Rudy di Ruas Kartasura-Klaten, Selasa (2/4/2024), dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG: 28 Wilayah Berpotensi Alami Hujan Lebat dan Angin Kencang pada 4-5 April 2024

Rinciannya, tol akan dibuka satu arah pada masa mudik yakni tanggal 5-11 April 2024 dan dibuka satu arah pada masa balik tanggal 12-15 April 2024.  Waktu fungsional tol mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

"Kondisi normal di jalan arteri biasanya (menghabiskan waktu perjalanan Kartasura-Klaten) 50 menit, melalui jalan fungsional ini bisa 25 menit. Jalan arteri pada weekend bahkan bisa 1-1,5 jam," imbuh Rudy. 

Sebelumnya, Manajer Humas dan Umum PT Jasamarga Jogja Solo Rachmat Jesiman menyampaikan, pengendara yang melewati tol Kartasura-Klaten diimbau untuk membatasi kecepatan.

Pasalnya, tol masih dalam masa konstruksi, sehingga pihaknya mengimbau pemudik membatasi kecepatan kendaraan saat melaju di tol, yaitu 40-50 kilometer/ jam. 

Secara keseluruhan, kesiapan tol dalam menghadapi fungsional mencapai 85 persen.

Ia menerangkan, selama pemberlakuan fungsional tol tersebut, disiagakan beberapa kendaraan petugas untuk mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

Baca Juga: Banjir Rendam Jalur Pantura Kabupaten Bekasi, Arus Lalu Lintas Mudik Macet

Bila nanti terjadi penumpukan kendaraan, Rachmat menerangkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait guna kelancaran arus lalu lintas.

Pihaknya mengimbau pula kepada pemudik, untuk mengecek kendaraan terlebih dahulu sebelum melintasi tol. Selain juga menjaga stamina diri, tetap taati arus lalu lintas dan ikuti arahan petugas.

“Pemudik yang ingin berhenti sudah disiapkan rest area di kilometer 19. Pemudik bisa berhenti di sana. Dengan waktu istirahat (dibatasi) 30 menit di rest area,” ujarnya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x