Kompas TV regional kalimantan

Black Box Pesawat Smart Aviation yang Jatuh di Kaltara Berhasil Dievakuasi, Operasi SAR Ditutup

Kompas.tv - 12 Maret 2024, 09:46 WIB
black-box-pesawat-smart-aviation-yang-jatuh-di-kaltara-berhasil-dievakuasi-operasi-sar-ditutup
Tim SAR menunjukkan black box ppesawat Pilatus PC-6 Porter PK-SNE milik maskapai penerbangan Smart Aviation yang berhasil ditemukan. (Sumber: Kompas.com/Dok.SAR Tarakan.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim SAR gabungan berhasil menemukan dan mengevakuasi black box atau kotak hitam dari pesawat Pilatus PC-6 Porter PK-SNE milik maskapai penerbangan Smart Aviation Air atau Smart Air.

Seperti diketahui, pesawat tersebut sempat hilang kontak pada Jumat (8/3/2024) sebelum akhirnya ditemukan jatuh di hutan Binuang, Krayan, Kalimantan Utara (Kaltara).

"PDTW 0311 15:07 Sru Udara H-5224 berhasil transfer black box, ELT, Api box dari LKP (last know position) menggunakan tali," kata Kepala Seksi Operasi SAR Tarakan, Dede Hariana dalam keterangannya, Senin (11/3).

Selanjutnya black box berwarna oranye berisi rekaman data penerbangan dan rekaman kokpit itu akan diperiksa untuk megetahui penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Tak hanya black box, tim SAR gabungan juga berhasil mengevakuasi 10 anggota SAR lainnya dan dua warga yang sempat bermalam di lokasi jatuhnya pesawat usai mengevakuasi dua kru pesawat Smart Air.

Dede menyebut anggota tim SAR gabungan pertama, dengan komposisi dua rescuer atau petugas penyelamat, tiga anggota TNI AD dan dua anggota Brimob berhasil dievakuasi pada Senin sore pukul 15.51 WITA.

Tak lama kemudian, dua rescuer juga berhasil dievakuasi menggunakan pesawat HA-5224.

Pada pukul 18.04 WITA, anggota tim SAR lain yang terdiri dari seorang Rescuer, dua Paskas, dan dua warga juga berhasil dievakuasi.

Dede menyebut proses evakuasi sempat mengalami sejumlah kendala, salah satunya cuaca.

Cuaca buruk sempat membuat pesawat beberapa kali kembali ke Bandara Malinau saat melakukan proses evakuasi.

Dengan ditemukannya black box dan dievakuasinya tim SAR gabungan yang berada di lokasi jatuhnya pesawat, Dede menyebut operasi SAR dinyatakan selesai.

Baca Juga: Kisah Penemuan Kru Pesawat Smart Air Jatuh di Kaltara, Pilot Sempat Buat Tanda SOS Kepulan Asap



Sumber : Kompas TV/Kompas.com.


BERITA LAINNYA



Close Ads x