Kompas TV regional jawa timur

Meski Ada Kekerasan dan Tak Memiliki Izin, Kemenag Tidak akan Tutup Ponpes Al Hanifiyyah

Kompas.tv - 1 Maret 2024, 09:34 WIB
meski-ada-kekerasan-dan-tak-memiliki-izin-kemenag-tidak-akan-tutup-ponpes-al-hanifiyyah
Bintang Balqis Maulana (14) meninggal dunia setelah dianiaya 4 seniornya di salah satu pondok pesantren di Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, pada Jumat (23/2/2024). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama Jawa Timur tidak akan menutup operasional Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hanifiyyah meski tak memiliki izin dan terjadi tindakan kekerasan yang menyebabkan kematian salah satu santri.

Terkait izin operasional, Kabid Pendidikan Diniyah dan Ponpes Kemenag Jatim Mohammad As'adul Anam memberikan penjelasannya.

"Memang masih banyak pesantren yang belum memiliki izin karena mereka masih ikut pondok pesantren induk. Cuma Al Hanifiyyah ini kan juga memang masih keluarga kyai, artinya masih ada kekerabatan dengan kyai, tapi tidak ikut dengan induknya sehingga tidak tercatat," kata Anam dalam program Sapa Pagi KompasTV, Jumat (1/3/2024).

Anam mengatakan, Ponpes Al Hanifiyyah ini sebenarnya sudah memenuh persyaratan akan tetapi tidak mengajukan izin operasional.

"Ada persyaratannya memang, salah satunya jumlah santri. Yang kedua ada kyai, yang ketiga ada asrama, yang keempat ada tempat ibadah masjid atau mushola, yang kelima adalah kitab kuning," tutur Anam.

"Sebenarnya Al Hanifiyyah sudah memenuhi. Tapi izin operasional itu diajukan oleh lembaga yang bersangkutan," ujarnya.

Anam menambahkan, pihaknya juga sudah banyak melakukan upaya untuk mencegah terjadinya kekerasan di ponpes. Akan tetapi, upaya tersebut belum mampu untuk mencegah terjadinya tindakan kekerasan di ponpes.

"Kementerian Agama mulai tahun 2022 sudah mendeklarasikan pesantren ramah anak, kemudian bekerja sama dengan LMI. Kemudian juga melaksanakan pelatihan dengan DPRD Jawa Timur, DP3A (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)   Jawa Timur dan Kementerian Kesehatan untuk melatih Satgas Anti Kekerasan," kata dia.

"Jadi upaya kami sudah banyak, tapi ternyata masih ada kejadian-kejadian yang seperti itu," ucap Anam.

Baca Juga: Hasil Rekonstruksi, Santri di Kediri Tewas Dianiaya 4 Seniornya secara Berulang Pakai Tangan Kosong



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x