Kompas TV regional jawa timur

BMKG: Jawa Timur Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Seminggu ke Depan, Ini Daftar Wilayahnya

Kompas.tv - 8 Februari 2024, 17:40 WIB
bmkg-jawa-timur-berpotensi-alami-cuaca-ekstrem-seminggu-ke-depan-ini-daftar-wilayahnya
Ilustrasi. Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum mendorong motor yang mogok akibat tidak mampu melewati genangan air setinggi setengah meter saat hujan deras mengguyur di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Sabtu (6/1/2024). (Sumber: KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

SURABAYA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan mengenai potensi cuaca ekstrem di Jawa Timur dalam seminggu ke depan.

Cuaca ekstrem dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, angin kencang, dan tanah longsor.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo Taufiq Hermawan menekankan pentingnya kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem selama periode 7-13 Februari 2024 di beberapa wilayah kabupaten dan kota di Jawa Timur.

"Cuaca ekstrem saat puncak musim hujan ini berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi seperti tanah longsor, banjir, angin kencang dan juga puting beliung," ujarnya, Kamis (8/2/2024).

Beberapa kabupaten dan kota yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem termasuk Bangkalan, Kota Batu, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jombang, Kota Kediri, Lamongan, Kota Madiun, Madiun, Magetan, Kota Malang, Nganjuk, Pacitan, Pamekasan, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Sampang, dan Sidoarjo.

Baca Juga: Gempa M 5,7 Guncang Sumbar Pagi Ini, BMKG: Terasa Sampai Mentawai hingga Padang

"Selain itu, cuaca ekstrem juga berpotensi terjadi di Sumenep, Kota Surabaya, Trenggalek, Tuban, Kediri, Mojokerto, Probolinggo, Pasuruan, Banyuwangi, Blitar, Jember, Lumajang, Malang, Ngawi, Ponorogo, Situbondo, Tulungagung, Kota Blitar, dan Kota Mojokerto," kata Taufiq.

Menurut dia, Jawa Timur saat ini sedang mengalami puncak musim hujan dengan suhu muka laut di perairan Jawa Timur yang tinggi, menyebabkan peningkatan pasokan uap air di atmosfer.

"Kelembapan udara yang tinggi mulai lapisan bawah hingga atas mendukung terbentuknya awan-awan konvektif yang masif, serta adanya daerah konvergensi atau pertemuan massa udara dan gangguan gelombang atmosfer Kelvin mendukung terbentuknya daerah pumpunan awan hujan di wilayah Jawa Timur," ucapnya, dikutip dari Antara.

BMKG Juanda mendorong masyarakat dan instansi terkait untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem, termasuk hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang dalam seminggu mendatang.

Warga yang tinggal di daerah dengan topografi curam, bergunung, atau tebing diminta untuk lebih berhati-hati terhadap potensi bencana seperti banjir, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan visibilitas rendah.

"Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk selalu memantau kondisi cuaca terkini berdasarkan citra radar cuaca WOFI melalui laman https://stamet-juanda.bmkg.go.id/radar, dan informasi peringatan dini 3 harian," katanya.

Baca Juga: BMKG Minta Masyarakat Waspada Gelombang Tinggi hingga Hari Ini, Kamis 8 Februari


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x