Kompas TV regional berita daerah

Jelang Akhir Tahun, Warga Binaan Lapas Pohuwato Digeledah dan Dites Urine

Kompas.tv - 29 Desember 2023, 17:55 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

POHUWATO,KOMPAS TV - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pohuwato bekerja sama dengan Aparat Penegak Hukum (APH) menggelar razia kamar hunian dan tes urine kepada 25 Narapidana, Kamis(28/12/2023).

Langkah ini diambil untuk memastikan keamanan dan ketertiban didalam lapas serta mencegah peredaran barang terlarang di antara warga binaan menjelang akhir tahun.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Irman Jaya dalam keteranganya menyampaikan, bahwa penggeledahan kamar hunian dan tes urine ini, merupakan tindakan preventif yang diambil untuk memastikan keamanan serta mencegah peredaran barang terlarang didalam lapas.

"Proses penggeledahan ini dilakukan secara sistematis, termasuk penelusuran di tempat-tempat yang mungkin dijadikan tempat penyimpanan barang ilegal," ucap Irman Jaya.

Menurutnya, upaya ini merupakan deteksi dini mengatasi adanya barang-barang terlarang atau benda-benda yang dapat membahayakan gangguan keamanan warga binaan didalam lapas.

"ini menjadi bagian integral dari upaya pemeliharaan ketertiban dan peningkatan kualitas hidup warga binaan di dalam Lembaga Pemasyarakatan menjelang pergantian tahun," kata Kalapas.

Tak hanya itu, ia menegaskan bahwa tindakan tersebut tidak hanya bersifat penindakan, tetapi juga sebagai bagian dari program pembinaan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada warga binaan untuk memperbaiki diri.

"Saya berharap hasil dari razia ini dapat menjadi dasar untuk perbaikan sistem dan peningkatan efektivitas program pembinaan di masa mendatang," imbuhnya.

Dapat diketahui dari hasil penggeledahan kamar warga binaan, tim tidak menemukan benda-benda terlarang baik handphone maupun narkoba atau sejenisnya.

Namun barang-barang yang berpotensi berbahaya masih ditemukan dibeberapa sudut kamar dan blok diantaranya, potongan kayu, gelas kaca, korek api, kaleng bekas, sendok dan sikat gigi dari bahan keras.

Baca Juga: Jelang Malam Tahun Baru, Sejumlah Persiapan dan Aturan Diberlakukan di Sejumlah Daerah

Terakhir, dari hasil tes urine yang dilakukan secara acak terhadap 25 narapidana, yang terbagi atas 17 napi kasus narkoba dan 8  napi kasus pidana umum lainya, menunjukkan bahwa narapidana tersebut dinyatakan negatif dari pengguna narkotika.

 

#WargaBinaan

#LapasPohuwato

#Gorontalo

#Digeledah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x