Kompas TV regional papua maluku

Baku Tembak dengan KKB, Anggota Brimob Briptu Agung Dilaporkan Tewas

Kompas.tv - 18 September 2023, 15:57 WIB
baku-tembak-dengan-kkb-anggota-brimob-briptu-agung-dilaporkan-tewas
Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. (Sumber: Pendam XVII Cenderawasih)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

PAPUA, KOMPAS.TV - Satgas Damai Cartenz terlibat baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata atau KKB di Kampung Yapimakot, Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, Senin (18/9/2023).

Akibat peristiwa itu, seorang anggota Brigade Mobil atau Brimob bernama Briptu Agung dilaporkan tewas di lokasi kejadian.

“Briptu Agung yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz wafat akibat luka tembak,” kata Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno saat dikonfirmasi pada Senin.

Baca Juga: Kronologi TNI Tembak Mati 5 Anggota KKB Kelompok Yotam Bugiangge Pecatan Tentara di Yahukimo

Namun demikian, Bayu belum dapat menjelaskan detail kronologi kejadian baku tembak yang menewaskan seorang anggota Polri tersebut.

Sebelumnya, pada Kamis (14/9/2023), kontak senjata terjadi antara TNI dengan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua di Kabupaten Yahukimo. Akibat peristiwa itu, sebanyak lima anggota KKB dilaporkan tewas. 

Kepala Penerangan (Kapen) Kogabwilhan III Kolonel Czi GN Suriastawa mengatakan lima anggota KKB yang tewas itu telah dimakamkan pada Sabtu (16/9/2023).

Adapun mereka, kata Suriastawa, merupakan anggota KKB dari kelompok Yotam Bugiangge, pecatan TNI yang membelot dan bergabung dengan KKB wilayah Kabupaten Nduga.

Suriastawa menjelaskan, baku tembak yang terjadi antara TNI dan KKB itu berawal ketika aparat sedang melaksanakan patroli lingkungan pos di Kabupaten Yahukimo pada Rabu (13/9/2023).

Baca Juga: Kapolda Papua Barat Sebut Pembakar 2 Kantor Distrik dan Sekolah di Fakfak Terafiliasi KKB



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x