Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Tak Kenal Lelah dan Jijik, Anak Muda Bersih-bersih Pantai

Kompas.tv - 5 September 2023, 15:21 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Mengajak masyarakat dan aktivis peduli lingkungan,  lima anak muda yang tergabung dalam Pandawara Group bersama Pemerintah Kota Semarang melakukan aktivitas bersih- bersih pantai.

Sampah yang berserakan baik sampah plastik maupun sampah lainnya di ambil dan dimasukan ke dalam karung sampah. Mereka berjibaku di genangan air keruh tak kenal lelah dan jijik.

Mereka yang terlibat dalam kegiatan sosial ini dari berbagai unsur, baik masyarakat, aktivis lingkungan, pertamina, mahasiswa, pelajar, anggota TNI, bahkan anak- anak warga pesisir pantai tersebar di beberapa bagian. Hasilnya, kurang lebih 3 jam, tumpukan sampah yang merusak pandangan mata kini tidak terlihat lagi .

Gilang Rahma, salah satu dari Pandawara Group menegaskan aksi bersih pantai ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, agar kawasan pesisir tetap bersih dan indah dilihat. Selain itu, untuk mencegah timbulnya penyakit dari dampak tumpukan sampah yang mengancam warga pesisir.

“Ini adalah bentuk kerjasama dari Pandawara Group dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang. Jadi mereka  menggandeng kita untuk melakukan pembersihan di sini,” ungkap Gilang.

Untuk membersihkan sampah di pesisir Pantai Nelayan Tambak Rejo ini, di sediakan 600 karung dan 300 kantong plastik sampah.  Sementara itu, Pemerintah Kota Semarang menyediakan enam unit truk untuk mengangkut sampah. Para aktivis lingkungan berharap agar masyarakat semakin peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah di sungai yang akan mengotori pesisir pantai dan laut, apalagi sampah tersebut adalah sampah plastik yang tidak bisa terurai.

#pandawara #pedulilingkungan #semarang
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x