Kompas TV regional berita daerah

Kisah Ali Topan, Meski Terbatas Namun Tak Halangi Kreativitas

Kompas.tv - 28 Agustus 2023, 14:19 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

PINRANG, KOMPAS.TV - Ada kisah seorang penyandang disibilitas yang mengelolah bank sampah di Desa Tammasarenge. Meski dengan keterbatasannya, pemuda bernama Ali Topan itu mampu berkreasi hingga membantu warga miskin.

Keterbatasan bukan jadi beban, ini yang dibuktikan warga Pinrang, Sulawesi Selatan bernama Ali Topan. keterbatasan justru jadi pemacu dirinya untuk berkreativitas.

Ali Topan sempat alami kecelakaan kerja hingga kakinya lumpuh pada tahun 2015 lalu.  Tak patah semangat, ditengah keterbatsan dirinya, Ali memilih untuk berkarya dan bermanfaat bagi sesama dan linkungannya tempat tinggalnya  di Desa Tammasarenge, Kecamatan Paleteang.

Dua tahun berlalu tepatnya 2018, ali mencoba membuat bank sampah. Bank sampah jadi tempat menampung sekaligus jadi penghasil uang bagi warga sekitar. Setiap hari Ali berkeliling mengambil sampah plastik warga. Satu kilogram sampah di harga seribu rupiah. Tak hanya membeli, warga sekitar juga bisa menyumbang sampah plastik, yang uangnya kemudian di gunakan untuk sedekah.

 

 

#pengiatbanksampah
#kisahalitopan
#bantuwargamiskin



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x