Kompas TV regional jabodetabek

Cara Naik LRT Jabodebek yang Hari Ini Diresmikan: Tarif, Rute, dan Daftar Stasiun Pulang Pergi

Kompas.tv - 28 Agustus 2023, 07:45 WIB
cara-naik-lrt-jabodebek-yang-hari-ini-diresmikan-tarif-rute-dan-daftar-stasiun-pulang-pergi
Kereta light rapid transit atau LRT Jabodebek bergerak di atas rel dalam uji coba di Bekasi, Jawa Barat, Kamis, 10 Agustus 2023. LRT Jabodebek rencananya akan diluncurkan pada bulan Agustus 2023. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - LRT (Lintas Rel Terpadu) Jabodebek diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Jokowi,  hari ini, Senin 28 Agustus 2023. Secara simbolis Jokowi meresmikannya di Stasiun Cawang, Jakarat Timur.

Transportasi massal ini akan melayani 434 perjalanan setiap hari, yang beroperasional dari pukul 05.00 hingga 23.30 WIB.

Untuk kemudahan transaksi, LRT Jabodebek telah menerapkan pembayaran tanpa tunai. Penumpang dapat menggunakan berbagai opsi seperti kartu uang elektronik dari berbagai bank, KMT KAI Commuter, hingga dompet digital.

Tarif Tiket LRT Jabodebek

Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 67 Tahun 2023, tarif awal LRT ditetapkan Rp 5.000 untuk 1 km pertama dan tambahan Rp 700 untuk setiap km berikutnya.

Baca Juga: Jelang Peresmian LRT Jabodebek Besok, Menhub Budi Karya: Laju Kereta Berjalan Mulus

Tarif maksimal berkisar Rp 24.000 hingga Rp 25.000. Untuk perjalanan dengan jarak terjauh, misalnya dari Stasiun Dukuh Atas ke Jatimulya sepanjang 27,3 km, tarif yang dikenakan sekitar Rp 23.000 hingga Rp 24.000.

Cara Naik LRT Jabodebek

1. Pilih Stasiun Keberangkatan dan Tujuan

Anda perlu memastikan terlebih dahulu stasiun mana yang akan Anda gunakan sebagai titik keberangkatan dan tujuan. Daftar stasiun lengkap dapat Anda akses di sini.

2. Persiapan Kartu atau Dompet Digital

Bawa kartu uang elektronik, KMT KAI Commuter, atau dompet digital Anda.

Baca Juga: LRT Jabodebek dan Commuter Line akan Diintegrasikan di Stasiun Cawang dan Sudirman

3. Tap in di Gate



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x