Kompas TV regional papua maluku

Kronologi Anggota Marinir Pratu Agung Tewas Ditembak, KKB Disebut Tak Senang Ada Markas TNI di Dekai

Kompas.tv - 21 Agustus 2023, 20:56 WIB
kronologi-anggota-marinir-pratu-agung-tewas-ditembak-kkb-disebut-tak-senang-ada-markas-tni-di-dekai
Baku tembak KKB dengan anggota Marinir TNI AL di Pos Satgas Yonif 7/Marinir yang sedang dibangun di Jalan Yahuli, Paradiso Bawah Km 6, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo. (Sumber: Dok. Kodim 1715 Yahukimo)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

YAHUKIMO, KOMPAS.TV - Pratu Agung Pramudi Laksono (27), anggota Satgas Pamtas Mobile Yon 7 Marinir TNI Angkatan Laut (AL) dilaporkan tewas setelah baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua pada Senin (21/8/2023).

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengungkapkan kronologi baku tembak yang menewaskan Pratu Agung di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan sekitar pukul 11.25 WIT.

Menurut Fakhiri, sebelum terjadi insiden baku tembak yang menewaskan korban, terlebih dahulu KKB melancarkan operasi penyerangan.

Baca Juga: Anggota Marinir TNI AL Pratu Agung Pramudi Dilaporkan Tewas usai Baku Tembak dengan KKB

Berdasarkan informasi yang diterimanya dari Kapolres Yahukimo, kata Fakhiri, penyerangan yang dilancarkan KKB mengarah Pos Marinir yang berada di KM 06.

Dari penyerangan tersebut, Fakhiri melanjutkan, kemudian terjadilah upaya balasan dari pihak Marinir TNI AL hingga akhirnya terjadi baku tembak.

“Penyerangan terhadap Pos Satgas Pamtas Mobile Yon 7 Marinir yang berlokasi di Kampung Baru, Jalan Statistik, Distrik Dekai,” kata Fakhiri melalui keterangan resminya yang dikutip pada Senin (21/8/2023).

Fakhiri menambahkan, akibat adanya penyerangan itu, terjadilah baku tembak. Dalam kontak senjata itu, Pratu Agung terkena tembakan KKB.

Kemudian, korban Pratu Agung Pramudi Laksono dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif. Namun sayangnya, nyawa Pratu Agung tak selamat saat perjalanan menuju rumah sakit. 

Baca Juga: Kapolda Papua: Penembak Mati 3 Warga Sipil di Nduga KKB Egianus Kogoya



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x