Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Laziz Jateng Bantu Entaskan Kemiskinan di 16 Kabupaten/Kota

Kompas.tv - 21 Agustus 2023, 12:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Dalam kiprahnya mengelola, menyalurkan dan mendayagunakan dana zakat muzaki untuk masyarakat Jawa Tengah, Laziz Jateng telah membantu pemerintah melakukan pengentasan kemiskinan hingga 300 ribu penerima manfaat. Sedangkan di awal Januari hingga awal Agustus 2023, Laziz telah menyalurkan zakat kepada 2.296 penerima manfaat. Untuk total penghimpunan bantuan zakat dari para pemberi manfaat di seluruh Jawa Tengah sepanjang tahun 2022 mencapai Rp 22 miliar, dan tersebar di 16 kabupaten-kota.

Untuk program upaya pengentasan kemiskinan, Laziz Jateng memiliki berbagai program berkesinambungan seperti bantuan pemodalan sehingga bisa memberdayakan ekonomi masyarakat .  Dengan harapan bantuan permodalan, para penerima manfaat atau mustahik bisa mandiri bahkan bisa menjadi muzakki atau pemberi manfaat.

“Kita mengacu pada yang miskin ya, yang fakir, untuk kita mencamtumkan dengan program-program yang ada di Laziz Jateng. Program-program yang berkesinambungan, dan tidak program yang putus ya, kan pengennya terus menerus, sehingga nanti bisa membedayakan ekonomi masyarakat kecil dan menengah,” kata Ariyanto, Direktur Eksekutif Lazis Jateng.

Sementara itu Kepala Tim Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Jateng, Attan Navaron, mengapresiasi upaya para pengelola zakat. Namun, menurutnya harus ada sinkronisasi data kemiskinan baik Bappeda, dinas social, maupun BPS, serta kesepahaman bersama para stakeholder terkait. Sebab mereka tidak bisa bergerak sendiri-sendiri untuk mengentaskan kemiskinan,  sehingga upaya pengentasan kemiskinan di Jateng bisa maksimal dan targetnya bisa tercapai.

“Bahwa mengentaskan kemiskinan itu tidak bisa bergerak masing-masing. Harus ada, ini dari Laziz menegerjakan apa, dari Bappeda mengerjakan apa, dari Dinsos mengerjakan apa, baru nanti ketemunya, oke dititik ini kita harus melakukan kerja bersama untuk menekan angka kemiskinan,” jelas Attan.

Kanwil Kemenag Jateng mengingatkan  agar lembaga pengelolaan zakat harus benar-benar sesuai ketentuan, aman syariah, aman regulasi dan aman NKRI. Sebab, selama ini masih banyak mintra pengumpul zakat yang tidak dilengkapi dengan perizinan.

#lazizjateng #semarang #zakat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x