Kompas TV regional jabodetabek

Kronologi Evakuasi Korban KM Dewi Noor 1 yang Tenggelam di Kepulauan Seribu Jakarta

Kompas.tv - 20 Agustus 2023, 08:59 WIB
kronologi-evakuasi-korban-km-dewi-noor-1-yang-tenggelam-di-kepulauan-seribu-jakarta
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), mengerahkan kapal patroli KPLP untuk membantu evakuasi dan pencarian korban tenggelamnya Kapal Motor (KM) Dewi Noor 1 di perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (19/8/2023). (Sumber: Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Upaya evakuasi atau pencarian tiga korban yang hilang atas insiden tenggelamnya Kapal Motor (KM) Dewi Noor 1 di perairan Kepulauan Seribu dilanjutkan hari ini, Minggu (20/8/2023).

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), mengerahkan kapal patroli untuk membantu evakuasi dan pencarian korban tenggelamnya KM Dewi Noor 1 di perairan Kepulauan Seribu.

Direktur KPLP, Rivolindo, menyampaikan bahwa laporan awal kecelakaan diterima pada Sabtu, (19/8/2023) dini hari, tepatnya pukul 01.00 WIB.

"KPLP telah secara cepat merespons situasi ini dengan mengirim tim evakuasi dan SAR ke lokasi kejadian," kata Rivolindo, Sabtu (19/8/2023).

Ia menjelaskan, KM Dewi Noor 1 berangkat dari Pantai Mutiara dengan tujuan Pulau Sepa. 

Akan tetapi, pada pukul 03.30 WIB, dalam perjalanan menuju Pulau Sepa, kapal mengalami kecelakaan dan terancam tenggelam di kordinat 5°54'371"S - 106°42'100"E, antara Timur Pulau Untung Jawa dan Pulau Pari.

Baca Juga: Kronologi Tenggelamnya Kapal Motor Dewi Noor 1 di Kepulauan Seribu, 3 Penumpang Hilang

Kapal Tongkang (TB) Mitra Jaya 21 yang sedang berlayar di sekitar area pun segera memberikan pertolongan kepada anak buah kapal (ABK) dan penumpang KM Dewi Noor 1.

"Dalam upaya penyelamatan ini, satu korban dinyatakan meninggal dunia, tiga orang belum ditemukan, dan sebelas orang berhasil selamat, satu di antaranya mengalami kondisi sakit," ungkap Rivolindo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x