Kompas TV regional jawa barat

Soal Bayi Tertukar di Bogor, Pemkab Terjunkan Dinkes untuk Bantu Selesaikan Masalah

Kompas.tv - 13 Agustus 2023, 00:00 WIB
soal-bayi-tertukar-di-bogor-pemkab-terjunkan-dinkes-untuk-bantu-selesaikan-masalah
Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan soal dugaan bayi Siti Mauliah (37) yang tertukar di rumah sakit. (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor Jawa Barat terjunkan tim Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk menangani soal dugaan bayi Siti Mauliah (37) yang tertukar di rumah sakit.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, menuturkan telah memerintahkan Kepala Dinkes untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Saya perintahkan Kadinkes untuk menyelesaikan permasalahan yang luar biasa ini," kata Iwan di Bogor, Sabtu (12/8/2023).

Iwan pun menyebut, adapun solusi atas kasus dugaan bayi yang tertukar ini adalah dengan melakukan tes DNA.

"Kalau sudah jelas tertukar, ya harus ditukar kembali dengan kami, pemerintah sebagai penengah," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, terkait kasus ini, tidak menutup kemungkinan adanya sanksi tegas terhadap pihak Rumah Sakit Sentosa Bogor jika terbukti terjadi kelalaian atas tertukarnya bayi Siti tersebut.

"Mungkin ada sanksi (untuk rumah sakit) kalau menurut saya, karena ini kelalaian yang berdampak cukup luar biasa," ujarnya menegaskan. 

Diberitakan sebelumnya, bayi yang dilahirkan oleh Siti Mauliah (37), seorang ibu di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, diduga tertukar dengan bayi orang lain setelah dilahirkan pada tahun lalu.

"Satu tahun yang lalu klien saya lahiran secara sesar, kemudian hari pertama masih megang bayi yang dia lahirkan, kemudian hari kedua ketika dikasih, sudah beda secara feeling ketika menyusui," ujarnya, Kamis (10/8/2023), dikutip Tribunnews.com.

Baca Juga: Penjelasan RS soal Bayi Tertukar: Klaim Dapat Informasi setelah 11 Bulan-Nasib Pegawai yang Terlibat

Kejanggalan lain, kata dia, adalah pertanyaan dari salah satu perawat di rumah sakit tersebut, yang menanyakan perihal gelang yang menempel pada bayi tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x