Kompas TV regional bali nusa tenggara

7 Tempat Melihat Upacara Galungan di Bali

Kompas.tv - 2 Agustus 2023, 13:15 WIB
7-tempat-melihat-upacara-galungan-di-bali
Tanah Lot (Sumber: Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

BALI, KOMPAS.TV- Pada hari suci Galungan, umat Hindu merayakan kemenangan kebaikan (dharma) melawan kejahatan (adharma). Umat Hindu juga melakukan persembahan kehadapan Sang Hyang Widi dan dewa atau bhatara sebagai tanda puji syukur serta permohonan untuk keselamatan.

Meski digelar secara sakral, wisatawan yang sedang berada di Bali dapat menyaksikan rangkaian upacara Hari Raya Galungan. Dikutip dari laman Kompas.com, wisatawan yang ingin menyaksikan peringatan Hari Raya Galungan, diwajibkan tetap menghormati para umat yang tengah menggelar ritual sembahyang.

Jika tertarik untuk melihat rangkaian upacara Hari Raya Galungan, berikut beberapa rekomendasi tempat untuk melihat upacara sakral ini secara lebih dekat. 

1. Tanah Lot

Tanah Lot merupakan salah satu ikon wisata Bali yang tidak pernah sepi dari wisatawan domestik maupun mancanegara. Daya tarik Tanah Lot adalah keberadaan Pura Luhur yang berada di atas batu karang Pantai Beraban.

Baca Juga: Warga Serbu Pasar Musiman Mengening yang Khusus Dibuka saat Perayaan Galungan

Pada Hari Raya Galungan, sebagian umat Hindu melakukan sembahyang di Pura Luhur, Tanah Lot. Kegiatan religi tersebut, turut menjadi magnet bagi wisatawan.

Di tempat ini juga terdapat sebuah mata air yang dianggap suci. Mata air suci di Tanah Lot mengeluarkan air tawar meski muncul di tengah lautan. 

Di sekitar terumbu karang Pura Tanah Lot juga terdapat ular jinak berwarna hitam-putih yang dikeramatkan. Ular-ular ini dipercaya sebagai properti dewa dan penjaga candi atau pura dari pengaruh buruk.

2. Pura Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu atau Pura Uluwatu adalah lokasi favorit untuk menyaksikan Tari Kecak dengan latar belakang panorama sunset. Tidak heran, Pura Uluwatu menjadi salah satu tempat populer di Bali.

Tempat ibadah sekaligus obyek wisata ini berada sekitar 70 meter di atas tebing. Para Hari Raya Galungan, umat Hindu akan sembahyang di Pura Uluwatu mengenakan pakaian tradisional Bali, serta membawa beragam sesajen. 

Pura Uluwatu berada di Desa Adat Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

3. Pura Besakih

Pura Agung Besakih atau Pura Besakih terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Tempat ibadah ini berada di lereng Gunung Agung, yang merupakan gunung tertinggi di Bali.

Letak Pura Besakih berada di ketinggian, lantaran dianggap suci. Pengunjung yang ingin memasuki kawasan pura, harus lebih dulu menaiki tangga. 


Nama Besakih diambil dari Bahasa Sansekerta, yang berarti selamat. Pada Hari Raya Galungan, umat Hindu memadati Pura Besakih untuk menggelar sembahyang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x