Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Polda Jateng dan Kodam IV Diponegoro Gelar Simulasi Antisipasi Aksi Anarkis Saat Pemilu

Kompas.tv - 1 Agustus 2023, 14:28 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kawasan Simpang Lima Kota Semarang, Senin (31/7/2023) pagi, terlihat ricuh. Massa tampak melempari aparat yang tengah berusaha meredakan amarah massa. Tak hanya itu, ratusan orang terlihat membakar dan merusak kendaraan dan fasilitas umum.

Aparatpun lantas bergerak untuk meredakan situasi. Tak hanya di darat, helikopter juga nampak berputar di atas Lapangan Simpang Lima.

Aksi anarkis ini bukanlah kejadian sesungguhnya, melainkan simulasi yang dilakukan Polda Jateng dan Kodam IV Diponegoro dalam antisipasi menghadapi aksi massa saat pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. 

Kapolda dan Pangdam menekankan pentingnya sinergi antara TNI Polri dalam mengatasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama memasuki tahapan pelaksanaan pemilihan umum.

“Dalam rangka melakukan penanganan penanggulangan terkait dengan VVIP, jadi penanganan penanggulangan kita latihkan bersama-sama Kodam IV Diponegoro dan Polda Jawa Tengah. Latihan yang kita maksudkan adalah untuk menyamakan persepsi di samping meningkatkan profesionalisme dalam rangka melakukan kegiatan tahapan-tahapan pemilu di wilayah kita, baik itu DPD, kemudian DPRD, pilpres, hingga nanti pilkada,” jelas Irjen Pol Ahmad Lutfi, Kapolda Jateng.

Pangdam IV Diponegoro, Mayjend TNI Widi Prasetijono berharap pelaksanaan pemilu 2024 nanti dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala.

“Kami berharap bahwa pelaksanaan pilpres maupun pilkada nantinya dapat berjalan dengan lancar, tidak ada kendala, semua masyarakat menerima dengan ikhlas apapun hasilnya. Kemudian yang terpenting adalah untuk jajaran TNI dan Polri selalu bersinergi dengan kepolisian, dengan pemerintah daerah, supaya semuanya bisa berjalan dengan lancar dan ini sudah kita lakukan dari waktu yang lama, sehingga ini menjadi kebutuhan. Tidak ada aparat bekerja sendiri, polisi bekerja sendiri, pemerintah bekerja sendiri, tapi selalu bersama-sama mengatasi permasalahan di lapangan,” ungkap Mayjend TNI Widi Prasetijono, Pangdam IV Diponegoro.

Kapolda Jateng dan Pangdam IV Diponegoro berharap rangkaian Pemilu 2024 bisa berjalan dengan kondusif. Semua elemen masyarakat juga diharapkan bisa menjaga kondusifitas di wilayah Jawa Tengah.

#pemilu2024 #semarang #tnipolri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x