Kompas TV regional sumatra

Ribuan Warga Lampung dan Pandawara Group Bersihkan Pantai Terkotor Nomor 2 di Indonesia

Kompas.tv - 11 Juli 2023, 00:15 WIB
ribuan-warga-lampung-dan-pandawara-group-bersihkan-pantai-terkotor-nomor-2-di-indonesia
Ribuan warga dan Pandawara Group membersihkan Pantai Sukaraja, Bandar Lampung, Senin (10/7/2023). (Sumber: Kompas.com/Tri Purna Jaya)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Ribuan warga Lampung dan Pandawara Group membersihkan pantai Sukaraja, Bandar Lampung yang disebut sebagai pantai terkotor nomor 2 di Indonesia pada Senin (10/7/2023). 

"3.700 orang (-+) total yang hadir di lokasi tadi menurut laporan pihak kepolisian, ini rekor gaa sih di Indonesia? We love you Lampung! ," tulis takarir dalam unggahan Pandawara Group di Instagram, Senin (10/7/2023). 

Aksi bersih-bersih ini diperkirakan sukses mengangkut lebih dari 300 ton sampah. 

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Bandar Lampung Budiman Mega. 

Hebatnya, jumlah 300 ton sampah tersebut hanya dari satu lokasi saja, yakni tepi Pantai Sukaraja. 

"Iya 300 ton, kita buang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung," kata Budiman dikutip dari laporan Kompas.com. 

Baca Juga: Dibantu Warga, Pandawara Group Bersihkan Sampah di Pantai Teluk Labuan di Pandeglang!

Dinas LH Bandar Lampung mengerahkan 40 armada truk serta 400 personel untuk membantu aksi bersih-bersih warga Lampung dan Pandawara Group ini. 

Lebih lanjut, Budiman Mega mengatakan kegiatan bersih-bersih ini akan dilanjutkan. Pihaknya menyebut akan melakukan aksi ini setiap dua bulan sekali. 

"Dan kami juga sudah berkoordinasi untuk kedepannya melakukan hal seperti ini lagi dua bulan sekali. Intinya, kita mengajak peran serta masyarakat menciptakan kebersihan," imbuh Budiman Mega. 


Untuk diketahui, Pantai Sukaraja sempat viral usai Tiktoker Pandawara Group menyebut ini adalah pantai terkotor nomor dua di Indonesia. 

Baca Juga: Sejuknya Wisata Alam di Lengkung Langit 2 Lampung

Pandawara Group yang digawangi lima orang pemuda itu memang kerap membuka masalah pengelolaan lingkungan di suatu daerah.

Kelimanya adalah Gilang Rahma, Rafly Pasya, Agung Permana, Rifki Sa'dulah, serta Muchamad Ikhsan. Mereka memiliki visi untuk menjaga lingkungan dan mengurangi dampak buruk sampah bagi masyarakat dan alam.

 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x