Kompas TV regional jawa barat

Belum Berubah, Ini Cara Salat Iduladha di Ponpes Al Zaytun Pimpinan Panji Gumilang

Kompas.tv - 30 Juni 2023, 07:30 WIB
belum-berubah-ini-cara-salat-iduladha-di-ponpes-al-zaytun-pimpinan-panji-gumilang
Pimpinan Ponpes Al Zaytun Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang atau Panji Gumilang menjadi imam dalam Salat Iduladha 1444 H di Masjid Rahmatan Lil Alamin Ma Had Al Zaytun (MAZ) yang berada di lingkungan Ponpes Al Zaytun, Kamis (29/6/2023). (Sumber: YouTube Al Zaytun Official)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

INDRAMAYU, KOMPAS.TV - Masjid Rahmatan Lil Alamin Ma'Had Al Zaytun (MAZ) menggelar pelaksanaan Salat Iduladha 1444 Hijriah, kemarin.

Masjid yang berdiri di lingkungan Pondok Pesantren Al Zaytun ini tetap mempertahankan saf berjarak. Selain itu saf jemaah laki-laki dan perempuan masih sejajar dalam satu barisan. Tampak saf perempuan tampak menonjol di barisan depan. 

Pelaksanaan Salat Iduladha ini sama seperti Salat Idulfitri 1444 H yang viral di media sosial dan menimbulkan polemik. 

Pelaksanaan Salat Iduladha dengan saf berjarak dan barisan laki-laki dan perempuan sejajar ini diketahui dari siarang langsung di kanal Youtube Al Zaytun Official, Kamis (29/6/2023). 

Dalam siaran langsung pelaksanan Salat Iduladha tampak jemaah yang berada di dalam masjid menggunakan sajadah biru dengan motif yang sama.

Baca Juga: Pesan Wapres Ma'ruf Amin Usai Laksanakan Salat Iduladha 2023 di Masjid Istiqlal

Pimpinan Ponpes Al Zaytun Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang atau Panji Gumilang bertindak sebagai Imam dan khotib. Seluruh jemaah tampak khusyuk mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur'an. 

Usai salat, jemaah duduk di kursi yang disediakan di samping sajadah untuk mendengarkan khotbah Panji Gumilang. 

Dalam khotbahnya, Panji menyampaikan, pada Iduladha 1444 H, Ponpes Alzaytun menerima hewan kurban sebanyak 30 ekor sapi, lebih dari 30 ekor kambing dan 205 ekor domba.

Nantinya hewan kurban tersebut akan didistribusikan kepada 5.434 orang yang berhak menerima. Selain daging kurban, Ponpes Al Zaytun akan memberikan 5 Kg beras kepada setiap orang yang berhak menerima daging kurban.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x