Kompas TV regional jawa timur

Harga Daging Ayam Di Pasar Tak Juga Turun, Penjualan Merosot

Kompas.tv - 12 Juni 2023, 19:10 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Hingga saat ini harga daging ayam potong di pasaran masih tetap tinggi, dan belum ada tanda-tanda adanya penurunan. Saat ini harga daging ayam Rp 38- Rp 39 ribu per kilogram. 

Kenaikan harga daging ayam potong saat ini menurut pedagang di Pasar Blimbing adalah yang terlama. Jika biasanya kenaikan harga berlangsung beberapa pekan, namun kali ini tingginya harga daging ayam ini berlangsung selama dua bulan, dan hingga kini belum ada tanda - tanda akan turun.

Yanti, salah satu pedagang di pasar blimbing ini mengaku, kenaikan harga ini berdampak langsung pada penjualan. Menurut Yanti sejak daging ayam mahal, penjualan daging ayam turun hingga 40%.

"Berkurang hampir 40 persen lah, pas normal jualnya bisa 1,5 kwintal, sekarang 1 kwintal," Kata Yanti 

Kenaikan harga daging ayam ini juga dikeluhkan oleh pembeli. Himalaya, salah satu konsumen mengaku meski mahal dirinya tetap membeli daging ayam untuk kebutuhan sehari hari meski harus mengurangi porsi konsumsi.

"Tetap konsumsi tapi tidak sesering biasanya, kita ganti ke protein yang lain, karena memang harganya melonjaknya terlalu jauh menurut saya dari waktu itu," Ujar Himalaya.

Sejak Hari Raya Idul Fitri, harga daging ayam di Kota Malang terus mengalami kenaikan, tertinggi, daging ayam dijual hingga Rp 42 ribu per kilogram. Pedagang berharap, kondisi mahalnya harga daging ayam bisa segera normal seperti sediakala.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x