Kompas TV regional sumatra

Polda Jambi Periksa Komedian Debi Ceper karena Hina Siswi SMP yang Kritik Pemkot Jambi

Kompas.tv - 8 Juni 2023, 06:30 WIB
polda-jambi-periksa-komedian-debi-ceper-karena-hina-siswi-smp-yang-kritik-pemkot-jambi
Komedian Jambi saat menjalani pemeriksaan di Polda Jambi, Rabu (7/6/2023). (Sumber: ANTARA/Tuyani)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAMBI, KOMPAS.TV - Polda Jambi memeriksa komedian bernama Debi Ceper yang diduga menghina atau memberikan komentar negatif kepada Syarifah Fadiyah Alkaff, siswi SMP yang mengkritik Pemerintah Kota atau Pemkot Jambi.

Diketahui, Debi Ceper diduga menghina Syarifah dengan kata-kata tak pantas melalui media sosial Instagram. Atas perkataan tersebut, Syarifah memutuskan melaporkan Debi Ceper ke Polda Jambi.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jambi Kombes Christian Tory menjelaskan alasan pihaknya memeriksa Debi Ceper untuk mendalami motif yang bersangkutan melontarkan kata-kaa tak pantas kepada Syrifah.

Baca Juga: Siswi SMP yang Dipolisikan karena Mengkritik Pemkot Jambi Akhirnya Pilih Damai, Laporan Dicabut

"Sekarang sedang berproses, sedang diambil keterangan klarifikasi,” kata Kombes Christian Tory melalui keterangannya di Jambi pada Rabu (7/6/2023).

“Jadi tujuannya kami mau mencari tahu apa maksud dan tujuan dari komentar dia (Debi Ceper). Karena itu yang menjadi materi yang di atau yang diajukan oleh SFA.”

Adapun Debi Ceper yang memenuhi panggilan polisi datang menggunakan baju biru bermotif kotak-kotak untuk diperiksa oleh Tim Penyidik Subdit V Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi.

Selanjutnya, kata Christian, pihaknya masih harus melihat hasil perkembangan dari pemeriksaan tersebut. Sebab, kata dia, hal ini sifatnya laporan pengaduan dan statusnya proses penyelidikan.

Kemudian, nanti akan diklarifikasi dan akan meminta pendapat dari beberapa pihak terkait masalah pelaporan ini.

Baca Juga: Menko Polhukam Mahfud MD akan Lindungi Siswi SMP yang Dipolisikan Usai Kritik Pemkot Jambi

“Setelah tahap klarifikasi dan pengambilan beberapa keterangan dan pendapat, baru akan kita lanjut ke proses gelar perkara,” ujarnya.

"Di situ nanti akan kami laksanakan gelar perkara untuk bisa menetapkan apakah ini bisa naik sidik atau tidak.”

Ia mengatakan Polda Jambi akan melihat terlebih dahulu dari hasil proses penyelidikan sebelum melanjutkan dengan gelar perkara.

Sebelumnya, Syarifah Fadiyah Alkaff juga telah dilaporkan Pemkot Jambi ke polisi terkait video kritikannya untuk Pemkot yang terdapat perkataan tidak pantas.

Atas kejadian tersebut kemudian dilakukan mediasi kepada Pemkot Jambi dan Syarifah dan berakhir dengan damai. Selanjutnya Pemkot Jambi juga telah mencabut laporan mereka terhadap Syarifah.

Baca Juga: Ada Dugaan Siswi SMP yang Kritik Pemkot Jambi Dilecehkan, KPPPA Tetap Berikan Pendampingan


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x