Kompas TV regional berita daerah

Peringati Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-422, Arak-arakan Gunungan Hasil Bumi Diserbu Warga

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 16:20 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Arak-arakan gunungan hasil bumi yang sedang dikirab di depan Rumah Dinas Bupati Tegal, Jawa Tengah pada Rabu siang diserbu warga. Sedianya, setiap gunungan yang ditampilkan oleh masing-masing kecamatan dan dinas akan diperlombakan. Namun belum sempat dinilai oleh juri, lebih dulu diserbu warga. Demi mendapatkan sayuran dan buah-buahan, warga nekat naik ke atas mobil dan memanjat gunungan. Aparat kepolisian dan Satpol PP tak dapat berbuat banyak.

 

Pawai gunungan hasil bumi ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-422 yang jatuh pada tanggal 18 Mei 2023. Pawai digelar rutin digelar tiap tahun sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

Warga pun meyakini akan mendapatkan berkah dari sayuran atau buah-buahan yang mereka dapatkan sehingga mereka rela berebut demi mendapatkan apa saja yang dibuat gunungan hasil bumi.

 

Bersamaan arak-arakan gunungan hasil bumi juga digelar kirab tombak Kyai Plered dan pataka Pakta Integritas yang diserahkan oleh keturunan pendiri Kabupaten Tegal, Ki Gede Sebayu kepada Bupati Tegal Umi Azizah. Tombak Kyai Plered dan pataka selanjutnya akan diarak dari Rumah Dinas Bupati menuju Kantor DPRD Kabupaten Tegal pada Kamis pagi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x