Kompas TV regional berita daerah

Jelang Lebaran Para Pemudik Di Pelabuhan Manado Meningkat

Kompas.tv - 17 April 2023, 20:15 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Jelang libur cuti bersama dalam rangka Idul Fitri 1444 Hijiriah, arus penumpang di pelabuhan Manado mulai naik. Kenaikan terjadi pada penumpang kapal dari Manado menuju provinsi Maluku Utara.

Memasuki momen Idul Fitri 1444 Hijiriah, arus pemudik yang menggunakan kapal laut di pelabuhan Manado, mulai menunjukkan tren peningkatan.

Tren kenaikan jumlah penumpang ini terpantau di dermaga kapal tujuan ke provinsi Maluku Utara.

Salah satu kapten kapal dengan rute Manado-ternate  yang diwawancarai  Kompas Tv mengatakan, kenaikan penumpang jelang Idul Fitri mulai terasa, dua pekan sebelum Idul Fitri.

Puncaknya arus mudik di pelabuhan Manado dengan kapal tujuan Ternate diprediksi terjadi pada pekan depan .

Sementara itu, kepala kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Manado letkol (Marinir) Benyamin Ginting mengatakan, secara karakteristik wilayah, jelang Idul Fitri biasanya terjadi kenaikan penumpang di pelabuhan Manado, meski tidak signifikan, jika dibanding saat momen libur Natal dan Tahun baru.

Secara umum, pada Idul Fitri tahun 2023, KSOP Manado memprediksi terjadi kenaikan penumpang sekitar 15 persen dibanding tahun sebelumnya.

Dengan tren kenaikan penumpang di angka 15 persen, KSOP Manado menyebut ketersediaan armada masih relatif aman. Artinya belum dibutuhkan armada tambahan sebagai antisipasi jika terjadi lonjakan penumpang.

Di pelabuhan ini terdata 20 armada siap melayani perjalanan mudik dengan tujuan provinsi Maluku Utara, serta rute domestik menuju tiga kabupaten kepulauan di Sulawesi Utara, yakni kabupaten Talaud, Sangihe dan Sitaro.

#kompastvmanado #ksopmanado #mudiklebaran

Yannemieke Singal Kompas tv Manado

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x