Kompas TV regional kalimantan

Sambut Idulfitri 1444 H, Warga Pontianak Siapkan Meriam Karbit usai Vakum 3 Tahun

Kompas.tv - 17 April 2023, 16:13 WIB
sambut-idulfitri-1444-h-warga-pontianak-siapkan-meriam-karbit-usai-vakum-3-tahun
Warga di pinggiran sungai Kapuas,sedang menghias meriam karbit untuk diikutsertakan dalam festival yang diadakan pada Jumat (21/4) malam, saat takbir Idulfitri 1444 Hijriah dikumandangkan di masjid-masjid setempat. (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Dalam rangka menyambut Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah, warga muslim Pontianak siapkan meriam karbit.

Warga di pinggiran Sungai Kapuas Kota Pontianak Kalimantan Barat menyiapkan meriam karbit untuk dimainkan menjelang berakhirnya bulan Ramadan.

Selain untuk melestarikan tradisi, permainan tersebut juga sebagai persiapan untuk mengikuti festival yang akan diadakan saat malam takbiran, tepatnya pada Jumat (21/4) mendatang.

Ketua Kelompok Meriam Karbit Assafuan Nurul Hidayah, Muhammad Andi, mengatakan bahwa persiapan meriam karbit sudah mencapai 80 persen dan pihaknya siap turut serta memeriahkan Festival Meriam Karbit Kota Pontianak tahun 2023 menyambut Idulfitri 1444 H.

Andi menerangkan, kelompok miriam karbit yang ia ketuai sudah melakukan persiapan selama satu bulan sebelum bulan Ramadan tahun ini. 

"Alhamdulillah dalam dua minggu, sudah jadi dan bisa naik hingga untuk persiapan kali ini sudah mencapai kurang lebih 80 persen," kata Andi di Pontianak, Senin (17/4) dilansir dari Antara.

Baca Juga: Apa Arti Eid Mubarak? Ini Kumpulan Ucapan Hari Raya Idulfitri 2023 dalam Bahasa Arab dan Artinya

Dia menerangkan, jenis kayu yang digunakan untuk meriam timnya ini berjenis Mabang berdiameter 70 centimeter dan panjang kurang lebih mencapai 5 meter.

Untuk kategori penilaian festival, kata Andi, ada dua kategori penilaian. Pertama, meriam harus memiliki corak yang mengandung unsur budaya Melayu Pontianak. Kedua, kerasnya bunyi atau suara dentuman dari meriam tersebut.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x