Kompas TV regional jabodetabek

Viral Modus Baru Curi Uang Infak Masjid di Jaksel, Pelaku Tempel Stiker QRIS di Kotak Amal

Kompas.tv - 10 April 2023, 13:36 WIB
viral-modus-baru-curi-uang-infak-masjid-di-jaksel-pelaku-tempel-stiker-qris-di-kotak-amal
Terduga pelaku menempelkan stiker Qris bertuliskan Restorasi Masjid di Masjid Nurul Amanah, Blok M Square, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (9/4/2023). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Modus baru curi uang infak masjid di Jakarta Selatan (Jaksel), pelaku tempel stiker QRIS di kotak amal, aksinya terekam CCTV dan videonya tersebar di media sosial, Senin (10/4/2023).

Di dalam rekaman CCTV yang viral di media sosial itu, tampak seorang laki-laki sibuk menempelkan stiker di atas kotak amal Masjid Nurul Iman, Lantai 7, Blok M Square, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Empat dari lima kotak amal yang berjejer di depan masjid ia tempeli dengan stiker bertuliskan "Restorasi Masjid, scan QRIS untuk infaq" yang kemudian dibubuhi dengan kode QRIS di bagian bawah.

Dengan cara tersebut, uang jemaah masjid yang disetorkan dengan memindai kode QRIS tersebut akan langsung masuk ke rekening pelaku.

Tak hanya di Masjid Nurul Iman, aksi pelaku juga dilakukan di Masjid Agung Al-Azhar, Jaksel.

Menurut pengakuan warganet, stiker di Masjid Al Azhar juga mengatasnamakan Restorasi Masjid.

"Akh, stikernya ada di Masjid Al Azhar juga yang mengatasnamakan Restorasi Masjid, Qadarullah ana pernah kirim Qris ke situ," ungkap seorang warga di akun Instagram mantan gitaris band Speaker First, Reda Samudera, Senin (10/4/2023).

Melalui story Instagramnya, Reda juga mengunggah video yang menunjukkan pelaku menempelkan stiker QRIS di daerah Kalibata City.

Baca Juga: Cara Bayar Zakat, Infak, dan Sedekah Lewat Aplikasi BRImo

Selain Masjid Agung Al Azhar, pelaku juga terpergok melakukan aksinya di Masjid Raya Pondok Indah. 

Saat menempelkan stiker, pelaku dan nomor polisi mobil pribadinya yang terparkir di halaman Masjid Raya Pondok Indah terekam kamera. 

"Masjid Raya Pondok Indah juga pernah ditempel sama dia bang, nanti saya kirim videonya sekaligus nopol mobilnya," ungkap seorang warga kepada Reda melalui pesan di Instagram. 

"28 Maret 2023 jam 10.41, Masjid Raya Pondok Indah. Modus sama," tulis keterangan video.

Lewat unggahan Instagram Story, Reda turut membeberkan sejumlah fakta yang diperoleh dari warganet.



Sumber : Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x