Kompas TV regional berita daerah

Jelang Operasi Ketupat Candi 2023: 90 Tersangka Ditangkap dan Ratusan Ribu Petasan Disita

Kompas.tv - 7 April 2023, 23:06 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV  - Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, mengatakan bahwa mereka semua terjaring operasi Cipta Kondisi menjelang Operasi Ketupat Candi 2023. Total ada lima puluh delapan kasus dengan sembilan puluh orang tersangka.

 

Sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan dari para pelaku antara lain empat setengah kwintal serbuk bahan petasan, dua puluh kilogram serbuk belerang, tiga puluh lima kilogram potassium, serta puluhan kilogram bahan pendukung petasan lainnya.

 

Tak hanya itu, pihaknya juga menyita ratusan ribu petasan berbagai jenis, seperti petasan korek, renteng, dan petasan berbagai ukuran. Kini para pelaku tidak hanya berjualan secara sembunyi-sembunyi, namun juga secara online.

 

Langkah ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan bahan peledak, yaitu obat atau serbuk bahan petasan. Meski tradisi, namun Luthfi berharap bisa diubah agar tidak timbul korban jiwa. Oleh karena itu, pihaknya terus memberikan pengertian kepada masyarakat bahwa petasan ini berbahaya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x