Kompas TV regional sumatra

Olimpiade Agincourt Resources 2022 Resmi Ditutup, Tim Magsite dari Universitas Diponegoro Jadi Juara

Kompas.tv - 3 April 2023, 13:09 WIB
olimpiade-agincourt-resources-2022-resmi-ditutup-tim-magsite-dari-universitas-diponegoro-jadi-juara
Tim Magsite dari Universitas Diponegoro meraih Juara I dalam Olimpiade Agincourt Resources (OlympiAR) 2022 yang pertama kalinya diadakan PT Agincourt Resources. Tim Magsite (tengah) berfoto bersama Wakil Presiden Direktur PT Agincourt Resources Ruli Tanio (kanan) dan Ketua MGEI, STJ Budi Santoso (kiri). (Sumber: Dok. PTAR)
Penulis : KompasTV Medan

ADVERTORIAL - Pengelola tambang emas Martabe, PT Agincourt Resources (PTAR), mengumumkan pemenang Olimpiade Agincourt Resources (OlympiAR) 2022, kompetisi bagi mahasiswa jurusan tambang, geologi, dan teknik tingkat nasional. 

Pada ajang tersebut, Tim Magsite dari Universitas Diponegoro berhasil menyabet juara pertama sehingga berhak membawa pulang hadiah uang tunai Rp 50 juta dan kesempatan magang selama 3 bulan di tambang emas Martabe.

 

Juara kedua diraih oleh tim Sylvite dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Tim ini berhak atas hadiah uang tunai Rp 30 juta. Sementara, tim Enargite dari UPN Veteran Yogyakarta menyabet juara ketiga dan berhak membawa pulang hadiah uang tunai Rp 20 juta. 

 

Adapun posisi keempat ditempati tim Niccolite dari ITB, sedangkan posisi kelima diduduki tim Vermicullite dari Universitas Jenderal Soedirman. Dua tim tersebut meraih masing-masing uang tunai senilai Rp 5 juta.

 

Babak final serta pengumuman dan penganugerahan pemenang OlympiAR 2022 digelar di Yogyakarta, Sabtu (1/4/2023). Pada gelaran perdana OlympiAR bertema “Mineral Discovery, Unearthing Sustainable Future” ini, PTAR berkolaborasi dengan Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia (MGEI).

 

Wakil Presiden Direktur PT Agincourt Resources Ruli Tanio mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang OlympiAR 2022 yang telah gigih berjuang sejak babak pertama yang dimulai pada Januari 2023 hingga babak final pada pengujung Maret 2023.

“Selamat kepada para pemenang OlympiAR 2022 yang sudah mengikuti seluruh babak dan rangkaian penilaian dari dewan juri yang terdiri dari akademisi dan ahli tambang mineral. Kami juga mengapresiasi setinggi-tingginya 72 tim dari berbagai universitas di Indonesia, dari Pulau Sumatra, Pulau Jawa, hingga Tanah Papua, yang telah mengikuti OlympiAR 2022,” kata Ruli dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (2/4/2023).

 

OlympiAR yang akan digelar setiap dua tahun, kata Ruli, merupakan wujud komitmen PTAR dalam mencetak generasi muda berprestasi yang berkontribusi dalam penerapan konsep pertambangan berkelanjutan di Indonesia. Hal ini sejalan dengan komitmen PTAR dalam mengimplementasikan praktik pertambangan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan dan bertanggung jawab secara sosial.

 

Tidak hanya menjadi medium bagi mahasiswa untuk belajar dan meningkatkan intelektualitas di bidang pertambangan, OlympiAR juga menjadi sarana bagi mahasiswa untuk meningkatkan soft skill, seperti keterampilan memecahkan masalah, berpikir kritis, manajemen tim, disiplin, dan bersikap sportif.

 

Ruli berharap, OympiAR bisa membantu mahasiswa agar bisa siap terjun ke dunia kerja.

 

“Kami terus berupaya memperkuat dan mendorong kemajuan pendidikan di Indonesia. Sebab, kami yakin, pendidikan adalah kunci untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, memperkuat kualitas sumber daya manusia, dan menurunkan angka kemiskinan,” ujar Ruli.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x