Kompas TV regional peristiwa

Update Kebakaran Depo Pertamina Plumpang: Korban Meninggal 18 Jiwa, 204 Orang Masih Mengungsi

Kompas.tv - 6 Maret 2023, 17:41 WIB
update-kebakaran-depo-pertamina-plumpang-korban-meninggal-18-jiwa-204-orang-masih-mengungsi
Petugas pemadam kebakaran merapikan selang air di Kampung Tanah Merah usai kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengumumkan kondisi terkini penanganan bencana kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, per Senin (6/3/2023) pukul 12.00 WIB.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mencatat hingga Senin pukul 12.00 WIB, korban meninggal berjumlah 18 jiwa. Sedangkan, 38 orang masih dalam penanganan tim medis di sembilan rumah sakit.

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengumumkan jumlah pengungsi sebanyak 204 jiwa.

Rinciannya, di Kantor PMI Jakarta Utara bertambah 7 jiwa, sehingga menjadi 193 jiwa. Sementara itu, pengungsi di RPTRA Rasella berkurang 17 jiwa, sehingga menjadi 11 jiwa.

Baca Juga: Cerita Pasangan yang Hampir Gagal Menikah Karena Kebakaran Depo Pertamina Plumpang!

Pelaksana Harian (Plh) Kepala BPBD DKI Jakarta M. Ridwan Ibrahim menyampaikan pihaknya telah menyalurkan bantuan pokok yang dibutuhkan para pengungsi seperti makanan, pakaian, hingga obat-obatan.

"Bantuan yang disalurkan ini terdiri dari makanan, pakaian, dan obat-obatan. Bantuan ini akan terus diupayakan untuk disalurkan secara optimal dan kontinyu. Hal ini adalah upaya kami untuk memastikan kondisi korban dan pengungsi dapat memenuhi kebutuhan dasarnya," jelas Ridwan dalam keterangan resmi, Senin.

BPBD DKI Jakarta telah mengirimkan 50 personel dan mendirikan dua tenda pengungsi yang bertempat di RPTRA Rasela dan kantor Wali Kota Jakarta Utara.

Baca Juga: Soal Relokasi Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Pakar Sarankan 2 Langkah untuk Pemprov DKI

BPBD juga telah mendistribusikan bantuan berupa air mineral, sarung, selimut, mukena, terpal, matras, family kit, kidsware, sandang, kantong jenazah, sabun batangan, wipol, hand sanitizer, masker, kipas angin, alas tenda, dan megaphone.

Sementara bantuan yang sudah diberikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupa tenda pengungsi, tenda keluarga, paket sembako, selimut dan matras.

Selanjutnya, telah diserahkan pula bantuan dari Dinas Sosial DKI Jakarta untuk penyintas kebakaran di Kelurahan Rawa Badak Selatan berupa pangan (beras, mie instan, ikan kaleng dan kecap); sandang (kaos, daster, pakaian dalam pria & wanita, selimut dan handuk); lainnya berupa matras, terpal, air mineral, pampers dewasa, makanan siap saji, dan biskuit.

Baca Juga: Sebut Permukiman Dekat Depo Pertamina Plumpang Tak Layak Huni, Kristina: Seharusnya Jauh dari Depo


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x