Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Warga Binaan Lapas Sekayu Kemenkumham Sumsel Dibekali Keahlian Pembuatan Mebel

Kompas.tv - 4 Maret 2023, 15:53 WIB
warga-binaan-lapas-sekayu-kemenkumham-sumsel-dibekali-keahlian-pembuatan-mebel
Sebagai upaya peningkatan kualitas dan produktivitas WBP, sebanyak 20 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Sekayu dibekali keahlian pembuatan mebel. (Sumber: Humas Kanwil Kemenkumham Sumsel)
Penulis : KompasTV Palembang

MUSI BANYUASIN, KOMPAS.TV - Sebanyak 20 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Sekayu dibekali keahlian pembuatan mebel. Para WBP juga akan menerima sertifikat, setelah mengikuti pelatihan yang berlangsung di Ruang Bimbingan Kerja Lapas Sekayu, Jumat (3/3/2023). Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Sekayu.

Kalapas Sekayu, Ronald Heru Praptama menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya peningkatan kualitas dan produktivitas WBP, agar mereka menjadi sumber daya manusia yang unggul melalui pemberian pelatihan.

"Pada saatnya nanti WBP ini akan bebas dan dihadapkan dengan situasi di mana mereka harus membuktikan kepada lingkungannya, bahwa mereka telah berubah dan bermanfaat," kata Ronald Heru Praptama.

Kalapas Sekayu berharap, agar seluruh WBP yang mengikuti pelatihan dapat memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya untuk menambah pengetahuan dan keterampilan di bidang mebel.

"Kami semua berharap kegiatan ini dapat terlaksana sesuai rencana, dan tentunya untuk menambah pengetahuan dan keterampilan warga binaan. Semoga usai pelatihan ini, mereka langsung bisa menerapkan ilmu yang didapat selama pelatihan secara mandiri," ujar Ronald.

Kemudian, Kalapas Sekayu menambahkan, sertifikat pelatihan akan diberikan setelah pelatihan mebel terlaksana. Sertifikat pelatihan kemandirian tersebut dapat menjadi bukti nyata bahwa mereka telah mengikuti dan menyelesaikan program, sehingga dapat dijadikan referensi dalam mencari pekerjaan setelah keluar dari Lembaga Pemasyarakatan.

Adapun kegiatan pelatihan mebel kali ini fokus dengan pembuatan lemari pakaian menggunakan bahan kayu dan High Pressure Laminate (HPL). Pelaksanaan pelatihan mebel berlangsung selama enam hari mulai dari  tanggal 3-9 Maret 2023.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan, Dr. Ilham Djaya mengapresiasi kegiatan tersebut. Apalagi selain pelatihan mebel, Lapas Sekayu juga menyiapkan pelatihan pengelasan dan pembuatan rotan yang akan diikuti oleh 60 orang WBP.



Sumber : Kompas TV Palembang


BERITA LAINNYA



Close Ads x